Bone BolangoEkonomiGorontalo

Hamim Dorong Warga Bonepantai Manfaatkan KUR Perbankan untuk Modal Budidaya Udang Vaname

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO – Bupati Bone Bolango Hamim Pou mendorong warga di Kecamatan Bonepantai untuk memanfaatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat atau KUR dari perbankan sebagai modal dalam usaha budidaya udang vaname.

Hal ini diungkapkan Hamim saat melakukan panen perdana udang vaname di lokasi tambak udang yang ada di Desa Tolotio Kecamatan Bonepantai, Selasa (16/5).

“Kenyataannya hari ini ada beberapa tambak yang kami bangun disini tidak beroperasi karena masyarakat hanya menunggu bantuan dari pemerintah untuk beli bibit, pelet, hingga aliran listrik, padahal pemerintah sudah memfasilitasi sejak awal,”ungkap Hamim.

Dengan memanfaatkan fasilitas KUR dengan bunga yang sangat rendah (6%) tersebut, maka Hamim berharap warga tak selalu bergantung pada bantuan pemerintah.

“Jika masyarakat memanfaatkan ini dengan meminjam misalnya 100 juta rupiah, dalam setahun yang dikembalikan hanya 106 juta rupiah. Kita bisa hitung manfaatnya untuk masyarakat yang begitu besar,”ujarnya.

Diketahui, budidaya udang vaname di Desa Tolotio, Kecamatan Bonepantai ini sangat menjanjikan. Di lokasi tersebut pada awalnya membudidayakan 175 ribu ekor bibit udang vaname menggunakan wadah terpal dengan hasil panen per triwulan atau dalam jangka waktu 3 bulan hasil produksi mencapai 2 ton. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button