Metro

Hamim Pou : Potensi ZIS Bone Bolango Bisa Mencapai Rp. 3,6 Milyar Per Tahun

 

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyebut potensi zakat di Bone Bolango bisa mencapai Rp.3,6 milyar per tahun. Hal ini disampaikannya pada saat memberi sambutan pada pelantikan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango periode 2022-2027 bertempat di Hotel Toewawa, Senin (11/07/2022).

Apa yang disampaikan Hamim ini cukup beralasan jika dilihat dari jumlah ASN Bone Bolango yang jumlahnya hampir 4 ribu. Namun masih banyak ASN Bone Bolango yang tidak menyalurkan zakatnya lewat Baznas.

Dengan jumlah zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang dikumpulkan Baznas Bone Bolango saat ini yang kurang lebih hanya Rp.100 juta dalam sebulan, Hamim menilainya hal ini terlalu kecil. Ia mengatakan bahwa di Pemkab Bone Bolango saja ada 31 OPD, juga ada bagian di sekretariat daerah dan sekretariat dewan, termasuk UPT dan kecamatan.

Hamim juga menuturkan bahwa dengan jumlah penduduk 99% muslim, harusnya Bone Bolango malu dengan jumlah zakat yang hanya Rp.100 juta setiap bulannya. Oleh sebab itu Hamim meminta kepada pimpinan Baznas Bone Bolango mulai bulan Agustus 2022 ini agar Rp. 300 juta setiap bulan zakat harus dicapai.

“Kalau ini dikelola dengan sungguh-sungguh, Rp.300 juta sebulan itu saya kira angka yang wajar yang bisa dicapai. Kalau ini tercapai, maka ada Rp.3,6 miliar setiap tahunnya Zakat,Infaq dan Shadaqah (ZIS) yang bisa dikumpulkan,”jelas Hamim.

Pada kesempatan pelantikan Pimpinan Baznas Bone Bolango itu Hamim juga meminta kembali Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap Satker OPD untuk lebih memaksimalkan pengumpulan ZIS dari ASN.

”Insya Allah Baznas Bone Bolango ini bisa kita berdayakan, kita perkuat secara bersama-sama. Mari kita besarkan Baznas, supaya Baznas juga bisa membesarkan kita. Selamat bekerja dan tetaplah amanah,”tandas Hamim.

Pimpinan Baznas yang dilantik oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou itu masing – masing Ketua Faisal Hasyim Pakaya,SH.I, MH, Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Timang Pasilia, S.HI, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Syarifuddin Kadir, S.Pd, Wakil Ketua III dan IV Bidang Perencanaan Keuangan, Pelaporan, Administrasi, SDM dan Umum Drs. Ec Tanwir Ali.

Sementara itu, usai dilantik Ketua Baznas Bone Bolango, Faisal Hasyim Pakaya, mengatakan langkah awal yang akan dilakukan yakni akan menetapkan target pengumpulan ZIS yang telah disampaikan oleh Bupati Hamim Pou sebesar Rp.300 juta setiap bulan.

“Sebenarnya kami pernah mencapai Rp.360 juta dalam sebulan, itu baru dari ASN. Belum dari pihak swasta dan sektor lainnya. Jadi target yang ditetapkan oleh pak Bupati Insya Allah bisa tercapai dengan adanya kerja sama dan kolaborasi yang baik bersama OPD,”ucap Faisal.

Ia melanjutkan untuk memaksimalkan pengumpulan zakat maupun ZIS juga, pihaknya akan bekerja sama dengan UPZ desa dan kecamatan. Sebab untuk mendekati para pengusaha itu perlu adanya strategi dan teknik pendekatan yang baik, sehingga kita akan bekerja sama dengan aparat desa dan kecamatan.

“Harapan kami apabila pengumpulan zakat  meningkat dan maksimal. Tentunya ini akan mensejahterakan masyarakat Bone Bolango itu sendiri,”tutup Faisal. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button