DaerahJawa TimurPelantikanSitubondo

Hasil Muscab, Agus Ari Cahyadi Dilantik Sebagai Ketua Umum HIPMI Situbondo

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Hasil Musyawarah Badan Cabang Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Situbondo, secara aklamasi Agus Ari Cahyadi dilantik sebagai Ketua Umum HIPMI Kabupaten Situbondo periode 2024 – 2027, Sabtu (20/07/2024).

Usai terpilih sebagai ketua umum, Agus Ari Cahyadi bersama jajarannya dilantik oleh Ketua Badan Pengurus Daerah HIPMI Jatim, Rois Munandar Maming di pendopo Aryo Situbondo.

Adapun susunan pengurus HIPMI Cabang Kabupaten Situbondo masa bakti 2024 – 2027 sebagai berikut, Agus Ari sebagai ketua umum, Fuad Hasim Ratsanjani wakil ketua umum, Ahmad Zarkasih sekretaris umum, Muhammad Hasan bendahara umum. Pelantikan ini disaksikan oleh Forkopimda Kabupaten Situbondo, termasuk Wakil Bupati Situbondo.

Ketua umum BPC HIPMI Situbondo, Agus Ari Cahyadi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya bersama BPC HIPMI Situbondo lainnya siap bekerja keras dan berkomitmen untuk membawa nama baik HIPMI dalam melaksanakan roda keorganisasian ini dan akan melaksanakan kerjasama dengan pemerintah daerah maupun swasta.

“Dalam konsep mengembangkan ekonomi daerah, HIPMI akan bekerjasama sekaligus membantu Pemkab Situbondo. HIPMI Situbondo juga akan memberikan kontribusi positif dan mengawal pembangunan di Kabupaten Situbondo. Kami juga meyakini, HIPMI sebagai organisasi besar yang mampu berkompeten dan dapat berperan aktif dalam pengembangan ekonomi daerah,” jelas Agus Hari Cahyadi.

HIPMI, sambung Agus Ari, sebagai wadah para pengusaha muda, memiliki jangkauan yang luas, akan mampu mengali potensi usaha di berbagai sektor, baik UMKM atau sektor usaha lainnya. “Pengurus HIPMI Situbondo merupakan cermin dari pengusaha-pengusaha muda yang siap untuk mengubah dan memajukan pengusaha-pengusaha muda di Situbondo,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Ketua Umum HIPMI Situbondo, namun Agus Ari menegaskan melalui wadah ini, para anggota HIPMI Situbondo dapat menggali potensi dan menjadi wirausaha yang mampu berprestasi hingga tingkat nasional. “Kita juga berharap akan tercipta kolaborasi yang kuat dan inisiatif yang berdampak positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat Kabupaten Situbondo,” kata Agus Ari.

Selain itu, Ketua BPC HIPMI Situbondo, Agus Ari Cahyadi mengatakan, bersama pengurus terpilih akan berkomitmen untuk memaksimalkan potensi sumber daya yang ada di Kabupaten Situbondo serta menggali potensi pengembangan UMKM.

“HIPMI siap sangat siap menjadi motor penggerak ekonomi yang kuat, dengan fokus pada kolaborasi dan komitmen untuk mencapai tujuan bersama memajukan Kabupaten Situbondo dan menjadikan para pengusaha muda berjaya. Selain itu, HIPMI juga bisa untuk lebih meningkat potensi perekonomian masyarakat di Kabupaten Situbondo,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BPD HIPMI Jawa Timur, Rois Munadar Maming dalam sambutannya meminta kepada BPC HIPMI Kabupaten Situbondo yang baru dilantik agar dalam melakukan kegiatan dilakukan secara mandiri dan jangan terlalu banyak permintaan kepada pemerintah daerah.

“Saya berharap kepengurusan yang baru dilantik ini bisa membawa dampak positif bagi daerahnya dan jadikan Kabupaten Situbondo semakin berprestasi. Dan perlu diketahui BPC HIPMI di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur sudah terbentuk. Kami juga perlu menjelaskan bahwa HIPMI bukan lembaga politik, jadi kami tidak berpolitik. Namun, secara politik kami ada di mana-mana yang penting jangan bawa nama HIPMI ke ranah politik,” terang Rois Munadar.

Perlu diketahui, sambung Rois Munadar, di HIPMI seluruh kader bisa menjabat Ketua BPD dan BPP HIPMI dengan ketentuan yang tertuang dalam AD/ART HIPMI. “Dengan dilantiknya Ketua Umum BPC HIPMI Kabupaten Situbondo, Agus Ari ini, maka sudah bisa membuka kolaborasi dengan berbagai pihak pemerintah maupun swasta serta bisa membuka kordisinasi dengan seluruh pengurus HIPMI se Jawa Timur maupun se Indonesia,” jelasnya.

Dilain pihak, Wakil Bupati Situbondo Hj. Khoirani dalam sambutannya mengatakan, dengan dilantiknya BPC HIPMI Kabupaten Situbondo diharapkan mampu membuat terobosan dalam lebih meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Situbondo.

“Dengan keberadaan HIPMI Situbondo diharapkan bisa memberikan kontrubusi positif untuk lebih meningkatkan sendi-sendi perekonomian masyarakat Situbondo. Dalam menyiapkan para pengusaha muda yang produktif dan inovatif, maka saya berharap HIPMI Situbondo bisa menyebarkan virus-virus kewirausahaan kepada generasi muda, pelajar, steacholder dan mau bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo,” harap Wabup Situbondo.

Selain itu, Wabup Situbondo juga meminta kepada HIPMI mau memfasilitasi UMKM dalam akses pemasaran dan permodalan. “HIPMI juga saya harapkan bisa menjadi kader laboratorium pengusaha muda pemula agar menambah jaringan dan saya juga berharap HIPMI Situbondo juga bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya generasi muda terkait pengembangan kewirausahaan,” harap Wabup Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Wabup Situbondo dalam sambutannya. Namun, Nyai Khoirani juga berharap kepada BPC HIPMI Situbondo yang baru dilantik agar bisa bekerja dengan baik dan mampu menjaga iklim usaha yang lebih baik lagi. “Mari kita bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ihklas dan bekerja tuntas,” pungkas Wabup Situbondo.

Turut hadir dalam pelantikan ini, Forum Pimpinan Kordinasi Perangkat Daerah Kabupaten Situbondo, Ketua BPC HIPMI Bondowoso, Banyuwangi dan Jember serta tamu undangan lainnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button