BondowosoDaerahJawa Timur

Jalur Pendakian Piramid Bondowoso Ditutup

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Administratur Perum Perhutani KPH Bondowoso Ir. Ronny Merdyanto S.Hut memberikan perintah kepada seluruh Asisten Perum Perhutani (Asper) diwilayah kerjanya untuk menutup seluruh jalur pendakian gunung menyusul maraknya kejadian Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang membahayakan bagi para pendaki. Perintah tertuang dalam surat nomor 0045/058.4/BDW/2023.

Berdasar surat perintah tersebut, Zainul Lutfi, Asper KBKPH Bondowoso langsung menutup jalur pendakian ke puncak Piramid yang berada di petak 23A hutan lindung RPH Curahadami.
Jalur pendakian sangat curam dengan tumbuhan ilalang kering mudah terbakar, sehingga sangat membahayakan. Pada lokasi tersebut sempat terjadi insiden yang menelan korban jiwa.

“Atas perintah pimpinan, jalur extrem kami tutup untuk menghindari terjadinya korban jiwa kembali,” tutur Zainul Lutfi saat dikonfirmasi media Jum’at 22/09/23.

Dikonfirmasi terpisah melalui sambungan selularnya, Ir. Ronny Merdyanto S.Hut membenarkan perintah penutupan tersebut sampai batas waktu yang belum dapat dipastikan. Penutupan jalur pendakian diwilayah Perhutani Bondowoso, yang meliputi dua wilayah, Kabupaten Bondowoso dan Situbondo.

Terdacatat ada tiga titik jalur atau rute pendakian yang sering dikunjungi para wisatawan, antara lain Puncak Piramid di RPH Curahadami BKPH Bondowoso, Gunung Raung di wilayah RPH Sumber Wringin BKPH Sukosari dan Puncak Cikasur RPH Sumbermalang BKPH Besuki. Jadi untuk menjaga keselamatan dan menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, kami tutup jalur pendakian gunung tersebut,” pungkas Ronny, sapaannya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button