PemerintahanSinjai

Jelang Idul Adha di Kab.Sinjai, Stok Hewan Kurban Dipastikan Cukup

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Ketersediaan hewan ternak di kabupaten Sinjai dinyatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 2023. Hal ini disampaikan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai.

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet DPKH Sinjai, drh. Ratnawati, saat ditemui diruang kerjanya, Senin, (12/6/2023), mengungkapkan Ketersediaan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah di Kabupaten Sinjai kurang lebih 8 ribu ekor sapi potong dengan berbagai jenis sapi seperti simental, limosin, bali, brahman dan brangus. Sementara untuk kambing sekitar 500 ekor.

drh. Ratnawati, mengatakan ketersediaan sapi kurban itu tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan di Sinjai, tapi sebagian juga untuk memenuhi kebutuhan kurban di daerah luar Kabupaten Sinjai.

“Kalau untuk sapi kurban permintaan kita itu rata-rata di daerah Kalimantan. Sebelum kita melakukan pengiriman, terlebih dahulu kita melakukan pemeriksaan laboratorium bekerja sama dengan balai besar veteriner,”Tuturnya

Jika dipersentasikan sekitar 6,5% dari jumlah populasi sapi yang ada di Bumi Panrita Kitta. Sementara itu, dalam rangka memastikan kesehatan hewan kurban, pihak DPKH juga, akan melakukan pemeriksaan kondisi ternak tersebut.

“Kami akan melakukan pemeriksaan hewan kurban. Jadi kami sudah membuat tim, sebelum dilakukan pemotongan di hari raya terlebih dahulu kami akan melakukan pemeriksaan antemortem. Kami kebetulan punya 6 dokter hewan dan itu kami akan sebar untuk melakukan pemeriksaan sebelum dilakukan pemotongan,”Jelasnya

Hal itu untuk memastikan sapi yang akan di kurbankan dan yg akan dikirim keluar daerah bebas dari penyakit Jembrana dan PMK dan juga untuk membantu masyarakat dan pedagang. Tidak hanya itu, ternak sebelum dikirim keluar daerah juga dilakukan proses karantina.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button