BondowosoDaerahJawa Timur

Jelang Pemilu, ASN Guru Bondowoso Tandatangani Pakta Integritas Netralitas

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Menjelang pemilu serentak tahun 2024 keberadaan Aparatur Sipil Negara (ASN), terutama guru, hak pilihnya menjadi rebutan para kandidat, baik dalam Pileg, Pilbup, Pilgub, maupun Pilpres.

Menyikapi hal tersebut, sebanyak 104 ASN, yang terdiri dari 26 Kepala Sekolah (KS), 26 guru P3K dan 52 guru ASN jenjang SD melakukan penandatanganan fakta integritas, di aula SDN Blindungan 1, Rabu (17/05/2023).

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa, dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Netralitas dan Penandatanganan Pakta Integritas. Bahwa mereka berjanji akan bersikap netral dalam Pemilu nanti.

Dalam sambutannya, Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Bondowoso, M. Zainul Arifin, M.Pd., berpesan untuk tetap menjaga netralitas dan tidak memihak kepada calon pasangan tertentu dalam Pemilu.

“Serta bijak dalam menggunakan Media sosial (Medsos), tidak menyebarkan berita bohong, bermain politik uang dan segala jenis pemberian apapun. Diharapkan Pemilu tahun 2024 berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sesuai arahan Plt Kepala BKPSDM, lanjutnya, yang juga sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) hari Senin (15/05/2023) yang lalu, ASN, khususnya dalam bidang pendidikan harus tetap menjaga sikap netral dalam menghadapi Pemilu 2024.

Arif, sapaannya menambahkan, Penandatanganan Pakta Integritas ASN merupakan instruksi dari Kadispendik. “Hal itu berdasar Undang-Undang (UU) No. 5/2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 42/2004 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil,” imbuhnya. Disamping itu juga diatur dalam PP No. 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menurutnya, ASN juga memiliki hak pilih dalam Pemilu Legislatif maupun Pilkada. Meski begitu, dia berharap ASN, khususnya dilingkup pendidikan tetap menjaga netralitas, tidak terpengaruh kepentingan pribadi maupun kelompok saat proses Pemilu Legislatif maupun Pilkada 2024 mendatang.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Herman Iskak, S.Pd., menyampaikan, giat netralitas dan penandatanganan Pakta Integritas ASN baru pertama di Kecamatan Bondowoso.

“Kegiatan kali ini merupakan kegiatan pertama menjelang Pmilu 2024, sehingga dipandang perlu sebagai ASN diingatkan kepada ASN untuk bersikap netral,” ungkap Herman, sapannya.

Disamping perlunya netralitas, Herman juga mengharapkan ASN di bidang pendidikan dapat menciptakan suasana yang kondusif, sehingga turut menyukseskan pesta demokrasi nanti. Ada empat poin yang tertuang dalam ikrar dan Pakta Integritas.

Pertama, menjaga dan menegakkan prinsip netralitas pegawai dalam melaksanakan pelayanan publik baik sebelum selama maupun sesudah pelaksanaan pemilu dan pemilihan tahun 2024.

Kedua, menghindari konflik kepentingan tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada pegawai dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

Ketiga, menggunakan media sosial secara bijak tidak dipergunakan untuk kepentingan pasangan calon tertentu tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong. Dan yang terakhir, menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button