Kalimantan Barat

Jumat Curhat Polres Sekadau di Desa Peniti, Berikan Ruang untuk Keluhan Masyarakat

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Polres Sekadau mengadakan kegiatan Jumat Curhat di Kantor Desa Peniti, pada Jumat (2/2/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Sekadau dan beberapa pejabat lainnya, termasuk Kades Peniti, petugas KPPS, PPS, BPD, Kadus, Tokoh Masyarakat dan warga Desa Peniti.

Dalam kegiatan Jumat Curhat tersebut, Kades Peniti Petrus Manus menjelaskan tentang beberapa permasalahan di Desa Peniti. Salah satu permasalahan yang disoroti adalah masalah ODF atau buang air besar sembarangan dan permasalahan kenakalan remaja.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, menjelaskan bahwa kegiatan Jumat Curhat merupakan wadah komunikasi antara Polri, pemerintah, dan masyarakat untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang ada.

“Terkait ODF Pentingnya partisipasi masyarakat dalam mensukseskan program pemerintah, dengan tidak buang air besar di sungai. Mari kita tingkatkan kesadaran dan menciptakan lingkungan yang bersih,” ajaknya.

Mengenai kenakalan remaja, Kapolres mengatakan, langkah pertama yang harus diambil adalah melalui pendidikan di lingkungan keluarga. Hal ini sangatlah penting dilakukan untuk membentengi anak dari kenakalan remaja.

“Beberapa program yang telah dilakukan Polres Sekadau sebagai pembinaan kepada para pelajar, diantaranya Police Go To School untuk memberikan pemahaman tentang berlalu lintas dan program penyuluhan tentang bullying di sekolah,” jelas Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut, Kasat Lantas IPTU Pandi juga memberikan himbauan kepada orang tua agar tidak membiarkan anak-anak di bawah umur melakukan aktivitas di luar sekolah.

“Penggunaan helm dalam berkendara juga wajib dipatuhi untuk meningkatkan keselamatan. Kami juga mengingatkan bahwa Kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa banyak melibatkan pengendara usia 13 sampai 40 tahun,” terang Kasat Lantas IPTU Pandi.

Dalam kesempatan yang sama, Kasat Intelkam IPTU Didik Darman Putra juga menyampaikan pesan terkait Pemilu 2024. Ia mengajak masyarakat untuk jeli dalam menanggapi setiap permasalahan yang dapat memicu perselisihan, dan jika terjadi masalah yang sulit diselesaikan, segera melaporkannya kepada pihak kepolisian.

Pada akhir kegiatan, Kasat Binmas AKP Masdar juga memberikan tanggapan mengenai kebiasaan anak-anak sekolah yang sering nongkrong di warung kopi saat jam belajar. Ia menyebut bahwa ini merupakan tugas Satpol PP dalam rangka penertiban, namun Polres Sekadau akan membantu dalam hal ini.

Dengan berakhirnya kegiatan Jumat Curhat Polres Sekadau, diharapkan keluhan atau permasalahan yang disampaikan oleh masyarakat Desa Peniti dapat ditangani dengan baik. Selain itu, Polres Sekadau juga mengajak masyarakat untuk menjaga suasana yang aman, sejuk, dan damai menjelang Pemilu 2024. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button