BondowosoDaerahJawa Timur

Kanit PPA Polres Bondowoso Merangkap Menjadi Da’i

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Salah satu tugas Polisi adalah menjaga Ketertiban dan Keamanan Masyarakat (Kamtibmas). Tidak halnya dengan Polisi yang satu ini, Bripka Mustaqim Romli, S.Psi. SH.

Dia mendapat tugas tambahan sebagai Kanit PPA Polres Bondowoso. Lebih heboh lagi, Mustakim, sapaanya, sering di undang masyarakat menjadi muballigh dalam acara keagamaan.

Salah satunya dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan selametan desa. Walaupun tugas utamanya sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat, dan penegak hukum, namun masih menyempatkan diri menjadi da’i diberbagai acara ke agamaan.

Mustaqim membenarkan bahwa dia sering diundang masyarakat dalam acara keagamaan. “Saya juga membina masyarakat  secara rohani dan menumbuhkan cinta tanah air,” jelasnya.

Karena, lanjutnya, ‘Hubbul Wathon Minal Iman’, cinta terhadap negara merupakan sebagian dari iman. Sebagai muslim hendaknya senantiasa athi’ullah, waati’urrosul waulil amri. Kewajiban umat beragama, taat kepada Allah SWT dan Rosulnya juga kepada pemimpin.

Polisi kelahiran Jember ini menerangkan tentang esensi kehidupan secara vertikal kepada Allah maupun hubungan antar sesama dengan manusia secara horizontal. “Maka kita harus memberikan motivasi kepada masyarakat agar berbuat yang bermanfaat diantara sesama dan lebih cinta terhadap negara,” tuturnya.

Ditambahkan, bahwa Allah SWT senantiasa menjanjikan kepada kita, jika kita berbuat baik niscaya Allah SWT akan balas dengan kebaikan. Dalam keteladanannya, Rosulullah telah menjalankan Bhinika Tunggal Ika dalam kesehariannya.

Baginda Rasulullah tidak membeda bedakan suku, ras, keturunan. Pribadi yang baik akan dituntun Allah SWT ke jalan kebaikan. Semoga dalam acara pengajian tersebut bermanfaat dan membuka cakrawala yang saling menghormati, menghargai diantara sesama muslim dan toleransi diantara sesama.

“Agama adalah keyakinan dimana hidayah hak prerogatif Allah SWT, “pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button