Kalimantan BaratMenuju Pemilu 2024

Kapolres Sekadau Pimpin Pengawalan Pergeseran Logistik Pemilu PPK Belitang Hulu Menuju Gudang Logistik KPU

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di PPK Belitang Hulu berhasil selesai pada Minggu (25/2) malam pukul 22.45 WIB di Gedung Pertemuan Umum, Desa Balai Sepuak, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau. Pleno tersebut berlangsung dengan aman dan tertib.

Dalam pleno yang dilakukan menggunakan dua panel, PPK Belitang Hulu menghitung surat suara dari 13 Desa dengan total 80 TPS di Kecamatan Belitang Hulu. Pleno di PPK Belitang Hulu merupakan yang paling terakhir selesai sejak dimulainya pleno serentak pada tanggal 17 Februari 2024, setelah melalui pencermatan penghitungan suara.

Pada Senin (26/2/2024) pukul 00.30 WIB, setelah dilakukan penandatanganan Berita Acara (BA) pleno, logistik Pemilu dari PPK Belitang Hulu dipindahkan menuju gudang logistik KPU Sekadau yang terletak di Jalan Panglima Naga, Komplek Pasar Baru Sekadau. Pergeseran logistik ini dilakukan dengan pengawalan ketat dari personel gabungan TNI-Polri.

Proses pengawalan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sekadau, AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si. Personel pengawalan terdiri dari BKO Brimob Sintang, BKO Polres Sekadau, serta Polsek jajaran, dan juga didukung oleh personel TNI dari Koramil Belitang Hulu.

Logistik pemilu sebanyak 400 kotak suara diangkut menggunakan lima unit truk. Personel gabungan menggunakan kendaraan R4 dan R6 untuk mengawal logistik tersebut. Sebelumnya, jalur yang akan dilewati juga telah disterilisasi untuk memastikan tidak ada hambatan selama perjalanan. Pengawalan ini menjadi prioritas utama bagi TNI-Polri.

Kapolres Sekadau, AKBP Nyoman Sudama, mengungkapkan bahwa logistik pemilu dari PPK Belitang Hulu tiba di gudang logistik KPU Sekadau pada pukul 05.00 WIB dengan aman dan selamat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel pengamanan dari Polres Sekadau, Brimob, Polsek jajaran, dan rekan-rekan dari TNI. Selama proses pergeseran logistik, tidak ada kendala atau hambatan baik pada kendaraan pengangkut logistik maupun di jalan,” ujar Kapolres.

“Keterlibatan kita semua dalam mengawal dan menjaga jalannya pesta demokrasi Pemilu 2024 di Kabupaten Sekadau adalah sangat penting untuk memastikan keamanan, kedamaian, dan ketertiban,” tambahnya.

Kapolres juga memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu dan PPK serta Panwascam Belitang Hulu. Pelaksanaan pleno dan pencermatan ulang penghitungan suara dapat berjalan dengan aman dan tertib berkat kerja keras dan kerjasama semua pihak terkait.

“Terima kasih juga kepada para tokoh agama, masyarakat, dan adat serta seluruh masyarakat di Kecamatan Belitang Hulu yang telah ikut serta menjaga situasi keamanan selama pelaksanaan pleno. Kami juga mengimbau masyarakat agar tetap mempertahankan kondusifitas Kamtibmas dan menunggu pelaksanaan pleno selanjutnya di tingkat Kabupaten,” imbau Kapolres. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button