AdvedtorialPemkab SinjaiSinjai

Kehadiran Program Desa Smart Islan PLN SulSelbar di Pulau Sembilan Disambut Baik Pemkab Sinjai

BeritaNasional.ID, SINJAI SULSEL – Di Kacamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai kini telah hadir program Desa Smart Island.

Program yang dirintis oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero melalui Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) ini dipusatkan di Desa Pulau Harapan.

Kini, program Desa Smart Island PLN Sulselbar ini telah diresmikan, Kamis (22/08/2024) bertempat di Pelataran Pelabuhan Kambuno desa Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan.

Adapun program tersebut disambut positif oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengapresiasi PLN Sulselbar yang telah menginisiasi dan merintis program Desa Smart Island di desa Pulau Harapan”, Ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai Dr. Yuhadi Samas mewakili Pj Bupati Sinjai pada Peresmian Program Desa Smart Island di Desa Pulau Harapan.

Kehadiran program ini merupakan bukti nyata kepedulian PLN terhadap masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Pulau Sembilan yang telah lama terisolir dengan perkembangan teknologi yang disebabkan karena keterbatasan akses infrastruktur listrik.

“Saya berharap melalui program ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, membuka peluang yang lebih luas bagi masyarakat untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya. Selain itu, juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Manajer PLN UP3 Bulukumba Agus Priyanto mengatakan bahwa PLN kini bertransformasi dari perusahaan listrik menjadi perusahaan berbasis teknologi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

“Di Pulau Kambuno dilayani Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ( PLTD) dengan kapasitas daya terpasang 310 kklo Watt (kW), beban puncak tertinggi 145 kW, cadangan 45 kW. Pengiriman solar untuk BBM ke Pulau Kambuno sebanyak 20 ribu liter per bulan, jumlah pelanggan tercatat sebanyakk 522 pelanggan dengan total daya 424 KVA, dimana 513 pelanggan merupakan pelanggan listrik prabayar dengan menggunakan KWH meter digital dan 9 pelanggan lainnya menggunakan automatic meter reading,” tambahnya.

Sementara itu, GM PLN UID Sulselrabar Budiono usai meresmikan program ini mengatakan bahwa program ini bisa terwujud berkat dukungan dan suport dari berbagai pihak termasuk Pemkab Sinjai, Camat, Kepala Desa Unsur tripika dan masyarakat setempat.

Menurutnya, dengan adanya program ini operasional pelayanan kelistrikan di desa Pulau Harapan akan semakin bertambah, meski belum bisa beroperasi secara penuh 24 jam.

“Untuk mengoperasikan 24 jam itu bisa dilakukan secara bertahap karena butuh tambahan pembangkit, BBM dan tenaga kerja. Tapi untuk tahap awal ini kita tambah operasional pelayanan listrik menjadi 14 jam dalam sehari,” ungkapnya.

Budiono menambahkan, PT. PLN tidak menutup kemungkinan dan secara bertahap program ini akan menyentuh desa lain khususnya yang ada di Kecamatan Pulau Sembilan dengan dukungan dari seluruh staleholder.

Dalam kesempatan ini, PT. PLN menyerahkan bantuan paket sembako sebanyak 30 paket, bantuan penyambungan listrik gratis kepada 15 pelanggan baru serta pemberian voucher gratis kepada 235 pelanggan migrasi dari pasca bayar ke pelanggan prabayar.

Acara ini turut dihadiri oleh Camat Pulau Sembilan Muh. Azharuddin, Kepala Desa Pulau Harapan Mukrimin, Kapolsek Pulau Sembilan Iptu Sahabuddin, Manajer ULP PLN Sinjai Muhammad Ridho serta warga setempat. (ACCA/ADV/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button