Hukum & KriminalTNI Dan Polri

Kekerasan Jurnalis Kembali Terjadi di Tanah Air, Forum Wartawan NTT Datangi Polda

BeritaNasional.ID-Kupang NTT,- Berbagai tindak kekerasan terhadap jurnalis di Indonesia, serta maraknya aksi kriminalisasi pers untuk membungkam kemerdekaan pers, dinilai menjadi indikasi dan bukti darurat demokrasi yang sedang melanda bangsa ini.

Demikian terungkap dalam Orasi benerapa wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar aksi demo di depan Markas Polda (Mapolda) NTT, Rabu 27 April 2022.

Koordinator lapangan Forum Wartawan NTT, Frid W Lado, menyerukan agar polisi tidak menutup mata dengan kejadian penganiayaan yang sudah menimpa seorang jurnalis di Kupang saat menjalankan tugas jurnalistiknya.

“Kami ingin agar kasus ini diusut dan pelaku penganiayaan segera ditangkap polisi,” kata Frid di Kupang, Rabu, 27 April 2022.

Pantauan media ini Dalam orasinya, forum wartawan meminta polisi melindungi kerja-kerja jurnalistik yang dilakukan oleh para wartawan. “Kami minta pekerjaan kami dilindungi. Sekecil apapun karya kami, harap dihargai,” kata dia.

Selain itu dia juga mendesak Budiyanto untuk segera menangkap pelaku penganiayaan.  Usai berorasi selama kurang lebih beberapa menit, Kabid Humas Polda NTT, Kombes Rishian Krisna B meminta lima perwakilan untuk bertemu dengan dia guna menyampaikan tuntutannya.

Kabid Humas pun mengaku kaget dengan kejadian penganiayaan tersebut setelah membaca informasi pemberitaan media. Pihaknya pun memastikan akan menindaklanjuti tuntutan Forum Wartawan NTT terkait kasus tersebut dan akan memproses kasus tersebut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu Lorens Leba Tukan, dalam orasinya, meminta polisi melindungi kerja-kerja jurnalistik yang dilakukan oleh para wartawan. “Kami minta pekerjaan kami dilindungi. Sekecil apapun karya kami, harap dihargai,” kata dia.

ia juga menjelaskan maksud dan tujuan Forum Wartawan NTT bertemu Kabid Humas Polda NTT terkait kasus penganiayaan sejumlah preman tak dikenal terhadap Wartawan dan Pemred Suaraflobamora.Com, Fabianus Latuan di Gerbang Kantor PD Flobamor. Selain itu, turut menyampaikan sejumlah tuntutan dan menjelaskan kronologi penganiayaan terhadap Fabianus Latuan. (*)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button