Headline

Kepala BPJamsostek Cabang Gorontalo Berharap Para Bupati/Walikota Di Gorontalo Ikuti Pemda Morowali

 

BeritaNasional.ID, Gorontalo – Kepala BPJamsostek Cabang Gorontalo Hendra Elvian mengaku sangat mengapresiasi program Pemda Morowali dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada petani yang ada di Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah. Pihaknya juga berharap agar apa yang dilakukan oleh Pemda Morowali ini menjadi acuan bagi Pemda di Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo.

Harapan Hendra ini disampaikannya melalui rilis yang di kirim kepada awak media, Sabtu (18/06/2022).

“Semoga kepedulian Pemda Morowali ini bisa menjadi acuan bagi pemerintah daerah di wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Gorontalo. Apalagi sekarang sudah ada Inpres 04/2022 tentang percepatan penghapusan ekonomi ekstrem, ditujukan pada 30 lembaga kementerian termasuk Gubernur & Bupati/Walikota agar mengalokasikan anggaran pada APBD dan mendorong perluasan cakupan kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat miskin ekstrem, “ungkap Hendra

“Insya Allah dengan adanya perlindungan Jaminan Sosial bagi Masyarakat Miskin Ekstrem melalui APBD Provinsi maupun Kabupaten/Kota nantinya akan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Provinsi Gorontalo melalui perlindungan atas risiko Kecelakaan Kerja (JKK) dan Kematian (JKM),”pungkasnya.

Sebagaimana di ketahui bahwa BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) bersama Pemerintah Kabupaten Morowali saling bersinergi dan menjadi pelopor dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi petani di wilayah Sulawesi Tengah.

Sebanyak 20.700 petani mendapatkan perlindungan dua program dari BPJAMSOSTEK yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di seluruh Indonesia.

Kerjasama ini secara resmi diluncurkan oleh Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin dan Bupati Morowali Taslim dalam sebuah kegiatan yang digelar di kantor Bupati dan disaksikan oleh seluruh penyuluh pertanian di wilayah Kabupaten Morowali, Rabu (15/06/2022).

Dalam sambutannya Taslim mengatakan bahwa kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut atas Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Pihaknya pun berharap sinergi ini dapat terus terjalin demi mewujudkan visi Kabupaten Morowali yaitu sejahtera bersama.

Sementara itu Zainudin menyatakan apresiasinya kepada Kabupaten Morowali yang telah serius memperhatikan kesejahteraan para petani yang masuk dalam kategori pekerja rentan.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Bapak Bupati beserta seluruh jajarannya yang sudah ikut berperan besar dalam mewujudkan universal coverage perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Tentu hal positif ini dapat menjadi inspirasi bagi Pemerintah Kabupaten atau Kota lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah,”tutup Zainudin. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button