GorontaloHeadline

Kerjasama Dengan UNBITA, Ketua KPU Bone Bolango Ajak Para Siswa Tolak Politik Uang

BeritaNasional.ID, Bone Bolango – Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango Adnan A. Berahim mengajak para siswa dan warga sekolah untuk mencegah dan menolak politik uang.

Hal ini disampaikan Adnan A. Berahim saat menjadi narasumber pada Program Pengabdian Pada Masyarakat Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa yang dilaksanakan oleh Universitas Bina Taruna (UNBITA) Gorontalo di SMK Negeri 1 Suwawa, Selasa (9/8/2022).

Selain itu Adnan juga menjelaskan kepada para siswa dan warga sekolah tentang tahapan – tahapan Pemilu dan mengajak mereka untuk untuk senantiasa menangkal berita bohong atau hoax serta menggunakan hak pilihnya pada Pemungutan Suara tanggal 14 Februari 2024 nanti.

Kegiatan yang mengusung Tema Penguatan Pemilih Pemula Menuju Pemilu Serentak 2024 ini diikuti oleh sekitar 80 orang siswa/siswi di lingkungan SMK Negeri 1 Suwawa.

Selain menjadi Narasumber Adnan A. Berahim juga menerima penghargaan dari Universitas Bina Taruna Gorontalo atas kerjasama yang telah dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Bone Bolango dengan Universitas Bina Taruna Gorontalo dalam program pengabdian kepada masyarakat.

Disisi lain Kepala Unit Perencanaan dan Pengembangan UNBITA Gorontalo Kurniadi K. Hasan mengatakan bahwa alasan pihaknya menghadirkan pihak KPU Kabupaten Bone Bolango sebagai narasumber adalah sebagai implementasi dan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama antara UNBITA dan KPU Kabupaten Bone Bolango yang sebelumnya sudah ditandatangani.

“Perjanjian Kerja Sama ini dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Sosialisasi dan Penyebaran Informasi Pemilihan Umum,”terang Kurniadi melalui pesan whatsappnya saat dihubungi awak media ini.

Lebih lanjut Kurniadi mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga eksistensi perguruan tinggi di tengah-tengah masyarakat.

“Bila dilihat dari aspek dosen dalam melaksanakan kegiatan tersebut, hal ini sebagai bentuk mewujudkan tri dharma dosen dalam bidang pengabdian. Harapan kita sebagai perguruan tinggi dalam melaksanakan pendidikan tidak hanya memberikan ilmu kepada mahasiswa di dalam kelas, tetapi kita juga mampu memberikan pengetahuan di sekitar kita,”kata Kurniadi.

Selain Kurniadi K. Hasan, tim Dosen UNBITA yang hadir pada kegiatan ini masing – masing Olgha S. Nusu dan Drs. Usan Bagou yang juga menjadi narasumber atau pemateri pada kegiatan tersebut.

Sementara itu pihak SMK Negeri 1 Suwawa diwakili oleh salah satu gurunya, Nurdiana Talani kepada awak media ini melalui voice note (pesan suara) mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh UNBITA Gorontalo dan KPU Bone Bolango.

“Kegiatan seperti ini sangat baik untuk kami. Dengan adanya sosialisasi tersebut para siswa yang merupakan pemilih pemula dapat memahami seluk beluk tentang pemilu sehingga pada saatnya pemilu mereka sudah tahu apa yang harus mereka lakukan dan siapa yang harus mereka pilih,”ujarnya.

Atas nama pihak SMK Negeri 1 Suwawa Nurdiana Talani juga mengucapkan terima kasih kepada pihak UNBITA dan KPU Bone Bolango dan berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan lagi di SMK Negeri 1 Suwawa. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button