Jawa TimurProbolinggo

Koramil Sumberasih Probolinggo Amankan Pelaksanaan Petik Laut

BeritaNasional.ID, PROBOLINGGO JATIM -Koramil 0820/06 Sumberasih mengawal jalannya pelaksanaan kegiatan petik laut yang di prakarsai oleh Pemerintah Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo.

Serda Irwanto, anggota Koramil 0820/06 Sumberasih menyampaikan bahwa pelaksanaan petik laut ini terasa istimewa mengingat semua pihak ikut telibat baik dalam persiapan maupun pelaksanaannya, mulai dari masyarakat Desa Banjarsari hingga pihak pemerintah desa setempat.

“Acara petik laut sendiri rutin dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas hasil laut yang didapat, dengan harapan kedepannya hasil yang diperoleh lebih baik agi,” kata Serda Irwanto, Sabtu (8/7).

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya sebagai aparat ke wilayah sangat mendukung gelaran petik laut sebagai upaya dalam rangka melestarikan adat masyarakat sebagai salah satu warisan aset budaya daerah.

“Kehadiran kami tentunya untuk mengamankan jalannya pelaksanaan petik laut dari awal hingga akhir sehingga kegiatan dalam rangka melestarikan kearifan lokal sehingga dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman,” Ujarnya.

Babinsa murah senyum ini juga menegaskan bahwa kegiatan seperti ritual dan lain- lain dalam petik laut dilaksanakan guna menjaga kelestarian kebudayaan yang sudah ada semenjak mulai para leluhur terdahulu.

Tradisi masyarakat pesisir berupa petik laut harus tetap dilestarikan sebagai salah satu keberagaman budaya karena merupakan sebuah kearifan lokal yang sudah dilakukan turun temurun.

“Tentunya ada pesan moral yang bisa diambil dari kegiatan petik laut yakni rukun dan gotong royong bahu-membahu dikalangan warga masyarakat nelayan juga menambah eratnya hubungan silaturahim,”tuturnya.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button