Metro

Kunsfik Komisi X ke Lebak Banten

Beritanasional.id, Banten – Komisi X lakukan Kunjungan Spesifik Pendidikan ke Lebak Banten, dipimpin oleh Putra Nababan dari Fraksi PDIP. (28/11/2020)

Selain Reses Anggota, kunjungan kerja spesifik juga menjadi salah satu cara belanja masalah anggota DPR RI di daerah. Kemaren 27/11. Salah seorang Anggota Komisi X, Andi Muawiyah Ramly (FPKB) yang dimintai keterangannya menyampaikan beberapa hal berkaitan kunsfik ini.

Fokusnya jelas, kata Amure, panggilan Bang Andi, bidang pendidikan khususnya pelaksanaan pendidian Kabupaten Lebak di masa pandemi sekarang ini.

Pendidikan jarak jauh atau PJJ di masa pandemi ini menjadi salah satu masalah baru yang muncul di Lebak Banten. Bahkan hal ini, tidak menutup kemungkinan juga terjadi di daerah lain. Persoalan PJJ yang kurang efektif disebabkan oleh salah satunya masalah jaringan dan keterbatasan gawai dari peserta didik.

Menurut keterangan Wakil Bupati Lebak dan Dinas Pendidikan setempat, banyak sekolah di Lebak Banten yang masih blank spot. Tak hanya persoalan jaringan, masalah infrastruktur seperti ketersediaan komputer di masing-masing sekolah juga minim untuk mendukung PJJ di masa pandemi ini. Belum lagi, masalah kekurangan guru menjadi satu pekerjaan rumah yang serius di tengah angin segar pengangkatan 1 juta guru honorer sebagai PPPK tahun 2021.

Untuk itu, dalam kesempatan kunsfik kemarin, Amure sampaikan kepada perwakilan Kemdikbud bahwa Kemdikbud perlu melihat masalah ini secara detail. Agar kebijakan yang diambil tepat merujuk pada masalah yang sedang terjadi di Daerah. Jangan ada istilah (alasan) “sistem yang bekerja” tanpa melihat dan mengurai masalah yang sesungguhnya terjadi.

Kemendikbud harus menjadi bagian dari solusi itu sendiri, bukan malah menjadi bagian dari masalah atau bahkan menambah beban masalah. Miris tentu, hal ini mengingat Kab. Lebak ini jaraknya hanya puluhan kilometer dari ibu kota dan pusat pemerintahan. Perlu kolaborasi serius antara Daerah dan Pusat untuk mengurai masalah pendidikan, khususnya di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini. (Hs)

Show More

Related Articles

Back to top button