Jawa Timur

Kurang Tingginya Jembatan,Akses Jalan Poros Desa Tergenang Banjir

BeritaNasional.ID Sampang – Curah hujan tinggi di Daerah Utara ,berakibat empat Desa di wilayah Kecamatan Jrengik,Sampang Madura menjadi langganan banjir setiap tahun, Rabu (26/10/2022).

Desa yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Jrengik, Desa Margantoko,Desa Taman,Desa Panyepen dan Desa Majangan.

Derasnya banjir hingga meluap ke atas Jembatan yang berada di ruas Jalan Poros Desa ,tepatnya di Dusun Palasah Desa Majangan berakibat aktivitas warga lumpuh total.

Pantauan dilapangan, banjir yang terjadi di Desa Majangan aktivitas warga mengalami lumpuh total.Terlihat warga banyak diam di rumah karena terhalang akses Jalan jembatan yang tidak bisa dilalui karena derasnya air.

Camat Jrengik Dr.Zaiful Muqaddas,ST.M.Si pada saat berada di lokasi banjir mengatakan, untuk Desa Majangan ini ada satu ruas Jalan panjang 100 meter yang mana terjadi lintasan arus banjir yang sangat deras,dan ini membuat akses transportasi terputus sehingga diperlukan adanya pembangunan jembatan kira 6×6 meter. Sementara jembatan yang ada Plat beton berukuran kecil artinya kurang memadai dan posisinya sudah mulai rusak.

” Ini perlu dibangun jembatan baru 6×6 meter dengan peninggian bebas banjir 1 meter keatas ,maka akses Jalan Poros Desa Majangan Asemnonggal ini akan menjadi akses Jalan satu satunya untuk proses transportasi pemindahan barang dan jasa,jelasnya.

” Ya, perlu pembangunan jembatan yang baru ,mengingat setiap terjadi banjir akses ruas Jalan Poros Desa ini terputus sehingga aktivitas warga lumpuh total.

Lanjut Zaiful, hal ini akan saya usulkan ke Bapak Bupati Sampang melalui Dinas PUPR Sampang agar selanjutnya di rencanakan pembangunan jembatan , ujarnya.

Menurut Zaiful, banyak hal yang perlu diketahui dari hasil pantauan bahwasannya curah hujan yang sangat tinggi di Daerah Kecamatan Tambelangan hingga mencapai 74 mili liter hal tersebut cukup deras.

Sementara di Daerah Kecamatan Jrengik tadi malam dalam pengukurannya  hanya berkisar 17 mili liter,artinya hujan di Daerah Kecamatan Jrengik tidak terlalu deras.

” Akibatnya aliran sungai Das Desa Panyepen dan Das sungai Jiburan ini menyatu antara Kecamatan Tambelangan dengan Kecamatan Jrengik.Ketika terjadi curah hujan tinggi di Daerah Tambelangan sehingga air masuk ke Daerah Kecamatan Jrengik termasuk Daerah terdampak banjir, terutama Desa Panyepen,Taman, Margantoko dan Desa Majangan, tandasnya.(Zahrudin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button