SumateraSumatera Utara

LAKRI Sumut Akan Usut Dana Anggaran Panti Parawarsa, Lokasi Rehabilitasi Tuna Susila Milik Dinsos Provinsi Sumut

BeritaNasional.ID, MEDAN SUMUT – Lembaga Anti Korupsi Republik Indonesia (LAKRI) Wilayah Sumatera Utara akan mengusut tuntas dugaan penyelewengan dana anggaran di UPT Tuna Susila Parawarsa Berastagi.

Pengusutan kasus ini ketika LAKRI melakukan Investigasi secara langsung di Unit Pelaksana Teknis Tuna Susila Parawarsa dibawah naungan Dinas Sosial Provinsi Sumut yang berada di Kecamatan Berastagi.

Demikian hal ini disampaikan Ketua Korwil LAKRI Sumut Jesaya Ginting SH, kepada Beritanasional.id, Sabtu (25/11/2023) sore.

Jesaya Ginting SH mengatakan saat melihat langsung kondisi fasilitas yang ditempati oleh para warga binaan di panti rehabilitasi UPT Parawarsa, Jalan Jamin Ginting, Berastagi sangatlah tidak layak.

Jesaya melihat fasilitas seperti tempat tidur hanya tikar tipis tanpa beralaskan papan dan seprai, bantal yang kumuh tanpa sarung, selimut, lemari papan yang reot.

Selain itu juga, menu makanan berupa nasi dan sayur tidak seperti yang tercantum didaftar. Kemudian pakaian dalam wanita tidak pernah dikasih, pembalut wanita juga tidak pernah ada dikasih, yang lebih mirisnya ada warga binaan tidur dibawah dikarenakan tidak muat ditempat tidur. Sehingga Ketua Korwil LAKRI Sumut menduga adanya penyelewengan anggaran di UPT tersebut.

Jesaya Ginting mengatakan, oleh karena itu, nantinya akan kita pertanyakan, berapa dana anggaran untuk pembinaan Tuna Susila dari Dinsos Provinsi?

Kemudian, terhadap warga binaan apa saja fasilitas yang diberikan?. Berapa anggaran untuk siraman rohani terhadap warga binaan ?

Serta, berapa anggaran untuk warga binaan Tuna Susila, biaya Dokter?. Kemudian, lauk pauk apa saja yang diberikan kepada warga binaan Tuna Susila?. Selanjutnya, berapa anggaran untuk pembelian bahan produk keterampilan warga binaan Tuna Susila?

“Dengan demikian dalam waktu dekat, LAKRI Sumut akan membuat laporan pengaduan ke aparat Penegak Hukum baik di Kepolisian maupun di Kejaksaan Sumut,” kata Jesaya Ginting. (Kiel/Bernas)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button