Metro

Luar Biasa! Semangat Militansi 419 Disdukcapil Kabupaten/Kota Buka Layanan di Hari Libur

BeritaNasional.ID, Jakarta – Gong dari Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian agar Dukcapil produktif di hari libur, terus mendapat sambutan menggebu-gebu dari Korps Dukcapil di Tanah Air.

Selama tiga hari berturut-turut sejak Rabu-Jumat (28-30/10/2020) jumlah Dinas Dukcapil (Disdukcapil) Kabupaten/Kota yang lembur di hari libur terus meningkat.

Dari 318 Kabupaten/Kota pada Kamis (29/10/2020), menjadi 419 Disdukcapil Kabupaten/Kota di 34 provinsi yang melakukan pelayanan jemput bola (jebol) pencetakan dokumen kependudukan Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), KTP-el, akta-akta dan lainnya pada Jumat (30/10/2020).

Adapun total perekaman KTP-el meningkat 19 persen menjadi 13.591 jiwa dengan KTP-el yang dicetak 60.615 keping. Semua KTP-el yang selesai dicetak langsung dibagi kepada pemohon di lokasi masing-masing.

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh juga mencatat 20 Disdukcapil Kabupaten/Kota dengan transaksi pembuatan akta, KK, KIA, surat pindah, perekaman dan pencetakan KTP-el tertinggi, antara lain: Brebes, Garut, Serang, Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Jakarta Barat, Bengkalis, Tasikmalaya, Sukabumi, Pekalongan, Pidie, Bima, Kutai Kartanegara, Tulang Bawang, Bogor, Cianjur, Buleleng, Tangerang, Jember, dan Bantaeng.

Dirjen Zudan mengaku yakin para ASN Dukcapil yang bekerja lembur di hari libur lebih dilandasi semangat militansi melayani masyarakat.

“Bahwa Kemendagri berjanji memberikan reward berupa 20 mesin Anjungan Dukcapil Mandiri itu memang benar, namun saya yakin dari hati yang paling dalam semangat utamanya adalah membahagiakan masyarakat,” demikian Dirjen Zudan Arif Fakrulloh.

Puspen Kemendagri

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button