Sidrap

Mengedepankan Protokol Kesehatan, Disdik Sidrap Gelar Sosialisasi PAUD Holistik Integratif

BeritaNasional.ID, Sidrap – Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, mengggelar Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif, yang berlangsung di Baruga Kantor Kecamatan Baranti, Rabu 25 November 2020, dengan mengedepankan Protokol Kesehatan, guna untuk menghindari penyebaran Virus Corona Disease atau Covid-19.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian, Bidang Pembinaan dan Pendidikan Non Formal Disdikbud Sidrap, Abdul Rahman Menda, mengatakan, dalam sosialisasi minimal terdapat tiga program.

“Tiga program yaitu, TK, kelompok bermain, dan satuan PAUD sejenis, seperti posyandu, TPQ dan taman penitipan anak,”.

Hal tersebut di sampaikan Kasi Kurikulum dan Penilain Bidang Pembinaan dan Pendidikan Non Formal Abdul Rahman Menda di hadapan para peserta Sosialisasi.

Di katakan Rahman Menda, untuk tahun 2020 ini target satu PAUD holistik di setiap Kecamatan di Kabupaten Sidrap sudah terealisasi 100 persen.

Ia berharap pada tahun 2021 mendatang, PAUD Holistik ada di tiap Desa/Kelurahan. “Jadi untuk tahun depan kita targetkan satu PAUD Holistik di tiap Desa/Kelurahan,” ungkap Rahman Menda.

Lanjut Abdul Rahman menjelaskan, PAUD Holistik-Integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi keutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi.

“Ini termaktub dalam Peraturan Presiden Republik indonesia Nomor 60 tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif,” ungkap Rahman Menda.

Sebelum Sosialisasi di mulai, Rahman Menda mengingatkan kepada peserta Sosialisasi untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan, ini untuk menghindari adanya penyebaran virus corona Disease atau Covid-19.

Untuk itu kata Rahman Menda, salah satu untuk memutus mata rantai penyebarannya adalah dengan menerapkan pola 3 M, yaitu Menggunakan Masker saat keluar rumah, rajin Mencuci Tangan dengan Sabun, dan Saling Menjaga Jarak, serta hindari tempat kerumunan, pesan Rahman Menda.

Sosialisasi tersebut dihadiri Ketua PAUD Holistik Baranti Abu Bakar Amin, Bunda PAUD Baranti Chairani Rahim, Korwil Disdikbud Baranti Amiruddin, Kepala Puskesmas Manisa, serta Kades/Lurah se-Kecamatan Baranti. (Risal Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button