Daerah

Merayakan HUT RI Ke-76, Bupati Kupang mengutip kembali sebuah pesan dari sang proklamator Ir. Soekarno pada HUT RI Tahun 1963.

BeritaNasional.ID-Kupang,- Upacara HUT RI Ke-76 di Kabupaten Kupang berlangsung dengan khidmat meski masih dalam situasi pandemi covid 19. Upacara dilangsungkan di depan kantor Bupati Kupang, dimulai pukul 08.00 wita dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sebelum dimulainya upacara, penerapan protokol kesehatan disampaikan secara berulang oleh pembawa acara Andre Seran dari Protokol Setda Kabupaten Kupang, agar selama berlangsungnya upacara diharapkan penggunaan masker harus benar, selain jaga jarak dan mencuci tangan.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI tahun 2021 ini hanya dihadiri undangan terbatas. Kapten Inf. Nerson Baitanu didapuk menjadi Komandan Upacara. Sementara anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, asal sekolah SMAN 2 Kupang Timur, dan Olivia Fangidae Tumeluk dipilih membawa baki dalam upacara pengibaran bendera merah putih.

Peringatan Kemerdekaan RI ke-76, Selasa 17 Agustus 2021, dengan tema “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”, Bupati Kupang, Korinus Masneno sebagai Inspektur upacara dalam pidatonya menyatakan, Kabupaten Kupang harus maju, maju selangkah untuk kemudian berlari bersama dengan daerah lainnya, menggapai mimpi besar mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Bupati Kupang di hadapan para tamu undangan yang hadir dalam upacara tersebut antara lain Wakil Bupati Kupang, Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang bersama pejabat instansi Pemkab Kupang, pejabat instansi vertikal, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta undangan lainnya, mengatakan, Kabupaten Kupang tertinggal tapi bukan yang terbelakang.

“Kita harus maju, rubah seluruh cara pandang kita ke arah yang lebih produktif. Sedapat mungkin kita hindari semua yang mampu menggerus optimisme kita untuk maju, contoh pentingnya kemajuan di bidang teknologi. Pada aspek infrastruktur dan suprastruktur jaringan internet misalnya, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah disediakan base transceiver station (BTS) yang berfungsi sebagai perangkat penghubung signal komunikasi selular dan internet,” ujar Korinus.

Tahun 2021 ini, lanjut Bupati, Kabupaten Kupang akan dibangun 12 BTS khususnya pada lokasi blankspot di wilayah Amfoang, Fatuleu, Takari dan Amabi Oefeto.

Selain itu Bupati Kupang juga menyinggung soal pencapaian target kinerja selama kepemimpinan bersama Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe. Satu diantaranya soal pravelensi stunting di Kabupaten Kupang cenderung mengalami penurunan.

“Jika dibanding tahun 2019 yang kondisinya masih berada di 34,3%, terjadi penurunan sebesar 9% menjadi 25,3%. Pada akhir tahun 2020 mengalami penurunan 0,7% dipertengahan tahun ini,” ungkapnya.

Trend penurunan ini diupayakan Bupati Kupang dan Wakil Bupati Kupang akan terus dijaga dan ditekan terus penurunannya sampai 17,5% diakhir tahun 2021.

Sebagai Bupati, dirinya akan terus berupaya memaksimalkan seluruh sumber daya demi mewujudkan cita-cita kolektif masyarakat Kabupaten Kupang menuju kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan di tahun 2024. Meski masih di tengah situasi pandemi virus corona, diharapkan upaya pelayanan, pembangunan dan juga pemberdayaan masyarakat terus dilaksanakan.

Memaknai dan menghayati semangat HUT RI, Bupati berujar bahwa kita adalah masyarakat yang tangguh. Tak henti berjuang saat tantangan menghadang. Selalu bergerak maju meskipun masalah silih berganti mengganggu.

Orang Nomor 1 di Kabupaten Kupang ini mengutip kembali sebuah pesan dari sang proklamator Bapak Ir. Soekarno pada HUT RI Tahun 1963, bahwa Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button