ACEHPolitik

Milad GAM ke 45 Nurul Alam : Menyatu dan Berkibar Partaiku, Partai Aceh

BERITANASIONAL.ID | ACEH TAMIANG – Mewujudkan cita-cita MoU Helsinki yang ditandatangani oleh GAM dan RI pada tanggal 15 Agustus 2005 di Helsinki adalah salah satu point tujuan utama Partai Aceh (PA).

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Harian Partai Aceh (PA) Kabupaten Aceh Tamiang, Nurul Alam kepada BERITANASIONAL.ID saat menghadiri Milad GAM ke 45 di Lapangan Futsal Kampung Matang Speng Kecamatan Banda Mulia Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (4/2/2021).

” Tujuan utama adalah mewujudkan cita-cita MoU Helsinki yang ditandatangani oleh GAM dan RI pada tanggal 15 Agustus 2005 di Helsinki,” tegas Nurul Alam.

Menurutnya salah satu tujuan PA yang tercantum dalam AD/ART tertera Pasal 4 ayat (1) menyatakan mewujudkan cita-cita rakyat Aceh demi menegakan marwah dan martabat  Bangsa Agama, dan Negara. Ayat (2) Mewujudkan cita-cita MoU Helsinki yang ditandatangani oleh GAM dan RI pada tanggal 15 Agustus 2005 di Helsinki. Ayat (3) mewujudkan kesejahteraan yang adil, makmur dan merata materiil dan spiritual bagi seluruh rakyat Aceh dan ayat (4) mewujudkan kedaulatan rakyat dalam rangka mengembangkan kehidupan berdemokrasi, yang menjunjung tinggi dan menghormati kebenaran, keadilan, Hukum dan Hak Asasi Manusia.

“Jadi dapat dipahami bahwa dibentuknya Partai Aceh itu sendiri agar mewujudkan cita-cita MoU Helsinki serta tujuan yang paling utama didirikan partai ini adalah agar membawa kesejahteraan yang adil, makmur bagi seluruh lapisan masyarakat Aceh,” jelasnya.

Dalam Milad ini, sambung Nurul sudah seyogianya kita merenung kembali getirnya sebuah perjuangan panjang yang pernah kita rasakan, juga oleh seluruh rakyat Aceh yang terlibat langsung konflik bersenjata.

Nurul menambahkan konflik bersenjata hampir setengah abad, tentunya sangat banyak suka, duka dan pengalaman yang pernah kita alamin semua bersama rakyat Aceh. Dan akhirnya perjuangan ini berakhir pada 15 Agustus 2005 dengan ditanda tanggani  kesepakatan di Helsinki.

“Kini perjuangan bersenjata itu telah transformasikan ke dalam bentuk perjuangan politik melalui partai politik lokal yaitu Partai Aceh,” jelasnya.

Untuk itu Nurul Alam mengajak semua Kader Partai Aceh, Simpatisan Partai Aceh dan masyarakat Aceh pada umumnya dan khususnya masyarakat Aceh Tamiang untuk bersama – sama mewujudkan apa yang menjadi dasar lahirnya Parti Aceh.

Nurul mengatakan mengapa kita harus  mengajak semua masyarakat, karena perjuangan kita masih tersisa dan belum selesai. Karena apa yang tercantum dalam butir-butir kesepakatan MoU Helsinki dan turunannya pada Undang-undang No.11 tentang Pemerintahan Aceh Tahun 2006 belum terpenuhi semuanya.

“Sudah waktunya kita kembali dan membesarkan Partai Aceh yang merupakan ‘Roh’ dari perjuangan para syuhada. Kembali lah dan menyatukan la untuk mengibarkan Bendera Partai Aceh di sanubari kita yang paling dalam. Agar kemenangan dari MoU Helsinki dapat kita wujudkan dalam kancah politik,” tegas Nurul Alam.

Dimana kita ketahui bersama, telah ditetapkan dan disahkan oleh Parlemen Aceh dengan terbitnya Qanun Nomor 3 Tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh.

“ini adalah hak Aceh untuk menentukannya, yang merupakan bagian dari salah satu kewenangan yang dimiliki oleh Aceh, sesuai dengan mandat dalam nota kesepahaman yang telah ditandatangani bersama,” ujarnya.

Nurul juga menjelaskan perdamaian Aceh yang dilakukan oleh Pemerintah Republik Indonesia dan GAM dibawah Konstitusi Negara Republik Indonesia menjadi sebuah contoh teladan dan dipelajari oleh negara-negara yang sedang menghadapi dan mengalami konflik internal bersenjata di negara mereka.

Untuk itu sambung Nurul, pemerintah wajib mengakui dan menghormati Aceh sebagai sebuah pemerintahan yang bersifat khusus dan istimewa, seperti tertuang dalam MoU Helsinki dan Undang-Undang Pemerintahan Aceh.

“Dalam peringatan milad GAM tahun 2021 ini, saya mengajak seluruh kombatan GAM dan stakeholders untuk tetap bersatu padu dalam rangka menggapai cita-cita perjuangan yang sangat suci ini melalui kancah politik,” sebutnya mengakhiri.[]

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button