Jawa Timur

Ngabuburit Bersama Smpn 1 Sukodono Lumajang Bertajuk Pameran Lampion Skodsa

BeritaNasional.ID Lumajang- Kegiatan yang bertajuk PAMERAN LAMPION SKODSA ini dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai 13 April 2023 jam 15.00 sampai 17.00 WIB bertempat di halaman Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang tepatnya di Alun-alun barat.

Pelaksana kegiatan adalah Kelompok Belajar Seni Budaya SMP Negeri 1 Sukodono, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sangat mendukung kegiatan tersebut dengan berkenan membuka acara. Banyak juga pendukung yang lain di antaranya Dewan Kesenian Lumajang (DKL), Komunitas Perupa Lumajang (KPL), Moon Leather Craft, Sanggar Tari Ayu Langgeng, Etnopsyche Laku Art dan Solfegio Musik Course.

Edy Purwanto S.Pd., M.M kepala sekolah Smpn 1 Sukodono mengatakan saat di temui di ruang kerjanya Sabtu (15/04/2023) Pelaksanaan pondok Ramadhan di mulai hari Senin (10/04/2023) dengan berbagai kegiatan, sebagian kegiatan di laksanakan di alun alun lumajang dengan bekerjasama dengan dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten Lumajang. 

“Hari pertama dilaksanakan hari Senin, 10 April 2023 berupa Pameran Lampion dengan menampilkan karya murid SMPN 1 Sukodono yang melukis di lampion kemudian dipajang di halaman Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lumajang. Tiap lampion dilukis oleh murid yang berbeda sesuai keari masing-masing sehingga meskipun partisipasinya kecil paling tidak menambah kelap-kelip di sekitar Alun-alun Lumajang di sore hari tempat ngabuburit warga di sekitarnya” ujarnya

Selanjutnya Edy mengatakan kegitan kedua diskusi musik dalam gedung kearsipan dan perpustakaan dengan tema komposisi musik sederhana.

“Kegiatan hari kedua, Selasa, 11 April 2023  berupa Diskusi Musik di dalam Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Lumajang dengan tema Komposisi Musik Sederhana dengan Pemateri Andin, Tita, Afi, Rosi dan Azka, semuanya murid SMP Negeri 1 Sukodono serta pengampu Dwi Eko Buedy P, S. Sn. Kegiatan ini memberikan latihan bagi murid untukmenjadi pemateri menampilakankreasi musiknya”. Jelasnya

Masih menurut Edy kegitan yang ketiga sema’an Basa Jawa Pepatah Jawa Kuno dengan tujuan melestarikan bahasa tradisional terutama bahasa Jawa. 

“Sementara hari ketiga, Rabu, 12 April 2023 ada kegiatan Sema’an Basa Jawa Pepatah Jawa Kuno penuh makna dilaksanakan di gedung sebagaimana Diskusi Musik. Disampaikan oleh Pemateri dari Dewan Kesenian Lumajang Ibu Dra. Ibu Yuli Sri Astuti. Hal ini dilaksanakan untuk melestarikan bahasa tradisional terutama bahasa Jawa mengingat generasi muda jaman sekarang jarang tersentuh nilai-nilai unggah-ungguh bahasa Jawa”. Paparnya

Di hari terakhir kegiatan pondok Ramadhan peserta didik menampilkan talenta berbakat Siswa Smpn 1 Sukodono, Sanggar tari Ayu Langgeng dan Solfegio Music Course. walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara sederhana dengan sound system terbatas tidak mengurangi gairah dan kemeriahan acara tersebut.(Rhm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button