Jawa TimurProbolinggo

Pastikan Kebersihan Air, Rutan Kraksan Gandeng Puskesmas Secara Berkala Lakukan Pemeriksaan

BeritaNasional.ID, KRAKSAAN JATIM – Dalam rangka menjaga dan memastikan kualitas air, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kraksaan Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jawa Timur bekerjasama dengan Laboratorium Puskesmas Kraksaan melaksanakan pemeriksaan bakteriologi air bersih yang ada di Rutan Kraksaan.

Air yang diambil sempelnya merupakan air yang digunakan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan juga petugas di Rutan Kraksaan. Sabtu (18/05/2024)

Pengambilan air dilakukan di saluran air minum di depo air minum isi ulang Rutan Kraksaan. Pemeriksaan ini dilaksanakan secara rutin setiap enam bulan sekali, dengan mengambil sampel air untuk selanjutnya dikirim dan dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Para warga binaan di Rutan Kraksaan merasa senang dan merasa terjamin dengan kesehatannya karena pihak Rutan memperhatikan aspek kualitas air bersih dan air minum yang mereka konsumsi.

Kualitas air bersih dan air minum yang baik dan terjamin akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh air yang tercemar atau kurang higienis.

“Pemeriksaan air secara rutin di Rutan Kraksaan sangatlah penting, guna mencegah timbulnya penyakit dari air yang mereka (warga binaan pemasyarakatan dan petugas) gunakan dan konsumsi,” ujar M. Yasin.

Kepala Rutan Kraksaan, Alzuarman melalui Kasubsie Pelayanan Tahanan M. Yasin Zaini memerintahkan bahwa kegiatan ini merupakan atensi langsung dari pimpinan untuk memastikan air yang digunakan di Rutan Kraksaan layak pakai, dan layak dikonsumsi. Sehingga dapat memberikan jaminan kesehatan untuk warga binaan dan petugas yang ada di rutan tersebut.

 

 

(Yuli/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button