AsahanDaerah

Pelaksanaan UKW Angkatan 50 dan 51 di Asahan Ditutup, 26 Orang Dinyatakan Kompeten

Berita Nasional.Id – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke – 50 dan 51 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Asahan di Aula Hotel Sabty Garden Kisaran selama 2 hari mulai tanggal 10 sampai dengan 11 Desember 2022 resmi ditutup.

Kegiatan itu ditutup Bupati diwakili Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan Syamsuddin, SH, MM, Minggu (11/12/2022) dan dihadiri Komisi UKW PWI Pusat Dedi Syahputra, Ketua PWI Sumatera Utara H. Farianda Putra Sinik, dan Ketua DKP PWI Sumatera Utara M. Syahrir.

Acara diawali dengan pembacaan do’a yang dibawakan Nur Karim dari media Berita Nasional.Id serta penyampaian pesan dan kesan disampaikan Firman Panjaitan dari media MetroIndonesia.co.id.

Kemudian dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kominfo Asahan Syamsuddin menyampaikan bahwa pelaksanaan uji kompetensi wartawan yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama dengan Pemkab ini menunjukkan kepedulian bupati dalam meningkatkan kualitas sumber daya wartawan khususnya di Kabupaten Asahan.

UKW ini, kata Syamsuddin, merupakan salah satu bahagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Asahan kepada Menteri Dalam Negeri dalam rangka pencapaian target pengembangan sumber daya manusia di daerahnya.

Selanjutnya di tahun 2023 mendatang sebagai bentuk penghargaan kepada wartawan, Pemkab Asahan melalui Dinas Kominfo rencananya juga akan menggelar kegiatan lomba karya tulis dalam rangka peringatan hari jadi Asahan.

Untuk itu kami berharap pelaksanaan UKW ini dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan sehingga dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Asahan melalui penyebarluasan informasi sesuai dengan kode etik dan kaidah jurnalistik, ucap Syamsuddin.

Sebelumnya Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumatera Utara M. Syahrir dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan UKW angkatan ke – 50 dan 51 ini diikuti sebanyak 48 orang terdiri dari 42 orang jenjang muda dan 6 orang jenjang madya.

Dari 42 orang itu yang dinyatakan kompeten sebanyak 26 orang, sedangkan 16 orang lagi belum kompeten. Untuk yang naik tingkat ke jenjang madya sebanyak 6 orang semua dinyatakan kompeten, ujar Syahrir.

Sementara Ketua PWI Asahan Indra Sikumbang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Asahan khususnya Kepala Dinas Kominfo yang telah mendukung sepenuhnya pelaksanaan uji kompetensi wartawan ini.

Indra berharap rekan – rekan yang dinyatakan kompeten dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitasnya karena banyak rambu – rambu yang harus difahami. Kemudian bagi yang belum berhasil diharapkan dapat terus belajar dan tidak berkecil hati karena masih ada kesempatan di masa yang akan datang.

Sedangkan Ketua PWI Sumatera Utara H. Farianda Putra Sinik Pelaksanaan UKW ini bertujuan menciptakan wartawan berkualitas, profesional dan beretika. Menurutnya seorang wartawan yang profesional itu tidak ada artinya bila tidak memiliki etika.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button