Jawa TimurNasionalRagamSitubondo

Pembangunan Jalan Tol Probowangi Buka Pintu Emas Wisata dan UMKM di Situbondo

BeritaNasional.id,SITUBONDO JATIM – Pembangunan ruas jalan tol Probowangi (Probolinggo – Banyuwangi) bukan hanya bagian sejarah Tol trans Jawa, namun juga membawa harapan baru bagi Masyarakat Situbondo dimana jalur tersebut merupakan jalur tercepat melalui darat dari arah surabaya ,menuju Bali dan indonesia bagian timur.

Anggota DPR RI asal Dapil III Jawa Timur ( Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi) dari Fraksi PKB ir.H.Nasim Khan menyampaikan, progres pembanguna tol Probowangi sejauh ini berjalan sesuai dengan kesepakan bersama di gedung DPR RI.

“Kita melihat progres pembangunan sejauh ini berjalan cukup baik termasuk 5 exit tol di Kabupaten Situbondo dan kita harap agar di akhir tahun 2025 tol sudah beroperasi hingga di exit tol Suboh,” ujar Nasim Khan saat ditemui dikediamannya di Sukosari Bondowoso. Rabu (17/07/2024).

Berkaitan dengan rencana Tol yang akan melintasi kawasan taman Nasional Baluran, Nasim Khan sendiri menyerahkan sepenuhnya dengan hasil kajian UGM (Universitas Gajah Mada) bebrapa waktu lalu.

“Andaipun ditutup karena ada kegiatan latihan TNI di karang tekok, pengendara bisa keluar di exit tol Asembagus, sementara soal nantinya jalur tol yang melintasi Balai Taman Nasional kita menyerahkan sepenuhnya dengan hasil kajian terbaru dari UGM,” tuturnya.

Dengan bisa dioperasikannya hingga Suboh nantinya pada tahun 2025, Nasim Khan berharap dampak besar dari tol menjadi pintu emas bagi Wisata Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi dan manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat terutama peningkatan UMKM yang akan dibangun di setiap rest area exit tol.

“Harapannya 2025 tol beroperasi hingga di Suboh, dengan begitu diharapkan untuk meningkatkan pariwisata regional semakin nyata. Pengembangan infrastruktur transportasi yang lebih baik diharapkan akan membuka peluang baru bagi Kabupaten Situbondo dan wilayah sekitarnya untuk menarik lebih banyak wisatawan, serta memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat setempat,” harapnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button