AdvedtorialGorontalo

Pembangunan Pondok Informasi Kawasan Konservasi Teluk Gorontalo akan Segera Dimulai

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Sebagai bentuk pengelolaan kawasan konservasi Teluk Gorontalo yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 127 Tahun 2023, Bidang Pengelolaan Ruang Laut dan PSDKP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo pada tahun 2024 melalui dana DAK melaksanakan pekerjaan Pembangunan Pondok Informasi Kawasan Konservasi Teluk Gorontalo dan Sarana Prasarana Pusat Informasi berupa papan dinding di Kawasan Konservasi Teluk Gorontalo.

Mengawali pembangunan tersebut maka dilakukan MC-0 sebagai awal pelaksanaan pekerjaan Pondok Informasi Kawasan Konservasi Teluk Gorontalo dan Sarana Prasarana Pusat Informasi berupa papan dinding di Kawasan Konservasi.

Adapun lokasi pelaksanaan pekerjaan dan penempatan sarana prasarana kawasan konservasi ini berada di Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Desa Biluhu Timur merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Teluk Gorontalo selain Kawasan Konservasi Perairan Olele Kabupaten Bone Bolango dan Kawasan Konservasi Perairan Botubarani Kabupaten Bone Bolango.

Pemerintah Desa Biluhu Timur sudah menghibahkan lahan untuk Sarpras Konservasi tersebut sebagai syarat dalam pembangunan Pondok Informasi Kawasan Konservasi dan Sarpras Konservasi berupa Papan Dinding. Pembangunan ini disambut baik oleh Pemerintah Desa Biluhu Timur serta masyarakat setempat.

Kabid Pengelolaan Ruang Laut dan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo, Syafrie A.B Kasim mengungkapkan bahwa nantinya pada lokasi ini juga kedepan akan dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) melalui anggaran Dana Desa sehingga masyarakat Desa Biluhu bisa menikmati keindahan wilayah pesisir pantai dengan latar Papan Informasi/Papan Dinding yang menampilkan ciri khas (icon) Hiu Black Tip yang merupakan salah satu spesies yang dilindungi dan berada dalam zona kawasan konservasi di Desa Biluhu Timur.

“Dengan dibangunnya Pondok Informasi Kawasan Konservasi ini diharapkan bisa menjadi pusat edukasi, sosialisasi dan monitoring pengelolaan kawasan konservasi Teluk Gorontalo sehingga dapat memberikan dampak terhadap kelestarian sumberdaya hayati perairan yang terkelola secara baik dan berkelanjutan,” ungkap Sjafrie, Senin (3/6/2024).

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button