AsahanDaerah

Pemkab Asahan Siapkan Lahan Untuk Stasiun Bakamla RI Di Silo Laut

BeritaNasional.ID, Kisaran – Bupati H. Surya BSc menegaskan Pemerintah Kabupaten Asahan telah menyiapkan lahan di Desa Silo Baru, Kecamatan Silo Laut seluas 6000 M2 untuk dijadikan sebagai lokasi gedung Sistem Komunikasi Maritim Stasiun Peringatan Dini Bakamla RI.

Hal itu dikemukakan Bupati Asahan H. Surya BSc ketika menerima kunjungan kerja Bakamla RI yang terdiri dari Kasubdit Jaringan Kolonel Bakamla Ir. Suhardi MT, Kasubdit Kerjasama Dalam Negeri Bakamla RI Letkol Bakamla Suhardi Sitepu SH, MH beserta rombongan dalam rangka survei lahan pembangunan Sistem Komunikasi Maritim stasiun Peringatan Dini Bakamla RI bertempat di aula Mawar kantor Bupati setempat, Rabu (18/08/2021) siang tadi.

Dikatakannya, Pemkab Asahan berharap kerjasama dengan Bakamla RI dapat segera terwujud dan kantor Dermaga Bakamla RI di Desa Silo Baru, Kecamatan Silo Laut dapat beroperasi sehingga memberikan dampak kepada masyarakat berupa eksternalitas secara ekonomi dalam mengelola dan memanfaatkan hasil laut.

Bupati H. Surya BSc juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bakamla RI yang telah mempercayakan Kabupaten Asahan menjadi lokasi stasiun Bakamla RI, dan menyambut baik rencana pembangunan tersebut.

Sementara Kolonel Bakamla RI Ir. Suhardi MT menjelaskan bahwa untuk melaksanakan tugas dan fungsi Bakamla RI sebagai institusi penyelenggara patroli keamanan dan keselamatan laut sesuai dengan amanat Undang – Undang Nomor 32 tahun 2014 tentang Kelautan.

Dimana berdasarkan ketentuan itu Bakamla memerlukan tempat berlabuh untuk alat utama sistem keamanan laut (Alutsiskamla) yaitu kapal patroli di seluruh wilayah Indonesia dengan prioritas di wilayah yang membutuhkan perhatian khusus, yaitu wilayah perbatasan langsung dengan Negara tetangga, pungkas Suhardi.

Dalam acara itu Bupati Asahan terlihat didampingi Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin, Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution MSi dan sejumlah Kepala OPD terkait lainnya.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button