Jawa Tengah

Pemkot Tegal dan Tokopedia Jalin Kerjasama Dalam Peningkatan Pemasaran UMKM

BeritaNasional.ID, Tegal – Pemerintah Kota Tegal dan Tokopedia telah menjalin kerjasama, diharapkan hal tersebut dapat membantu UMKM di Kota Tegal dalam peningkatan pemasaran. Kerjasama ditandai dengan penanda tanganan MoU antara Pemerintah Kota Tegal dengan Tokopedia, di Aula Lantai 3 Kantor Bank Jateng Cabang Tegal, Kamis (19/11/2020).

“Saya berharap dengan adanya kerjasama dengan Tokopedia yang hari ini kita tandatangani MoU-nya bisa membantu UMKM Kota Tegal dalam hal peningkatan pemasaran,” ucap Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono.

Selain itu, Dedy Yon juga berharap agar UMKM dapat memanfaatkan peluang kerjasama tersebut. Sebab menurutnya orientasi pengusaha adalah bagaimana meningkatkan pemasaran. Sehingga keuntungan menjadi meningkat pula. “Pasar online seperti Tokopedia adalah peluang yang sangat menjanjikan,” tuturnya.

Tak ketinggalan Dedy Yon juga menyampaikan kepada para Kepala OPD yang hadir, agar dapat lebih intens berkomunikasi pihak-pihak yang berpotensi mendukung program- program pemerintah. Seperti yang dilakukan oleh Tokopedia saat ini.

“Terlebih saat ini kita sadari bahwa information technology (IT) merupakan kunci keberhasilan dalam persaingan global. Oleh karenanya saya menghimbau agar UMKM kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi,” jelas Walikota.

Terkait dengan pembiayaan ataupun permodalan, Walikota mendorong agar bisa berperan memberikan kemudahan dalam permodalan.

MoU ini juga semakin mengukuhkan komitmen dan perhatian Pemkot Tegal untuk peningkatan pembangunan ekonomi kerakyatan. Apalagi dalam kondisi pandemi sekarang ini, produk UMKM harus jeli menangkap pasar dan bisa memanfaatkan teknologi.

“Ke depan para pelaku UMKM Kota Tegal, jangan gaptek lagi. UMKM kedepan harus mampu bersaing secara global dan lebih menggali lagi industri kreatif. Sebab saat ini industri kreatif merupakan sektor yang sangat prospektif,” tegas Dedy Yon.

Ditambahkannya, melalui penjualan secara online pangsa pasar produk UMKM akan semakin luas. Potensi UMKM di Kota Tegal cukup besar, baik kuliner maupun produk – produk unggulan lainnya seperti sarung tenun produksi Kota Tegal yang sudah merambah pasar internasional. Demikian pula batik tegal dan produk alat – alat kesehatan serta produk lain yang tak kalah menarik dengan produk daerah lain.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal, R. Heru Setiawan mengatakan bahwa maksud kegiatan ini adalah sebagai dasar dalam menyusun kemungkinan pola kerjasama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan pelayanan publik yang memberikan manfaat luas kepada UMKM dan masyarakat di Kota Tegal.

“Sedangkan tujuannya adalah mensinergikan dan mengoptimalkan dalam menyusun kemungkinan pola kerjasama untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, pelayanan publik yang efisien, mudah dan nyaman dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital di Kota Tegal,” ucap Heru.

Kepala Divisi Regional Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan pada sambutan virtual menyampaikan dengan adanya kerjasama tersebut, Ia berharap pihaknya dapat lebih memperkenalkan produk UMKM di Kota Tegal ke pangsa pasar yang lebih luas. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button