Daerah

Pendaftaran Gerak Jalan Tajemtra Sudah Dibuka, Ada Hadiah Dua Umroh, Total Hadiah Capai Rp250 Juta

BeritaNasional.ID, JEMBER JATIM – Lomba Gerak Jalan Tanggul-JemberĀ  Tradisional (Tajemtra) kembali akan digeber untuk merayakan HUT RI yang ke-79. Kali ini lebih dahsyat. Hadiahnya spektakuler. Nilainya sektakuler, totalnya Rp250 juta. Salah satu dari hadiah tersebut berupa umroh untuk dua pemenang.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jember , Edi Budi Susilo, selain hadiah yang cukup wah, Tajemtra kali akan digelar tanggal 31 Agustus 2024. Tanggal ini sesungguhnya sudah melegenda sebagai tanggal pelaksanaan Tajemtra. Namun dalam beberapa tahun terakhir pelaksanaan Tajemtra digeser ke bulan di akhir tahun.

ā€œKali ini kami ingin mengembalikan ruh Tajemtra. Tajemtra akan digelarĀ  tanggal 31 Agustus 2024,ā€ ujar Edi Budi di Jember, Selasa (16/7/2024).

Tajemtra awalnya digelar untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI Tanggal 17 Agustus. Sehingga Tajemtra juga dihelat di bulan Agustus. Namun dalam beberapa tahun terakhir pelaksanaan Tajemtra digeser di bulan akhir tahun. Jadi ruh Tajemtra sebenarnya adalah untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan RI. Dan saat ini sudah saatnya pelaksanaan Tajemtra dikembalikan ke semangat awal.

ā€œPak bupati memberikan arahan agar pelaksanaan gerak jalan Tanggul-Jember Tradisional tahun ini dikembalikan kepada ruhnya atas dasar keinginan, masukan-masukan dari masyarakat supaya kembali ke bulan Agustus,ā€ tambah Edi Budi.

Pendaftaran Tajemtra 2024 sudah dibuka sejak tanggal 15 Juli 2024, dan akan ditutup tanggal 28 Agustus 2024. Untuk memudahkan pendaftar, tempat pendaftaran Tajemtra 2024 dibuka di tujuh jalur: Jember sport Garden (JSG), GOR PKPSO Kaliwates, Kantor Kecamatan Mayang untuk wilayah timur, Kantor Kecamatan Kalisat untuk wilayah utara, Kantor Kecamatan Rambipuji untuk wilayah tengah, Kantor Kecamatan Wuluhan untuk wilayah selatan, dan Kantor Kecamatan Tanggul untuk wilayah barat.

ā€œBagi 1.000 pendaftar pertama diberikan kaos,ā€ jelas Edi Budi.

Ia menargetkan peserta Tajemtra 2024 sebanyak 20.000 lebih. Angka ini berbeda dengan Tajemtra 2023 yang hanya ditarget di angka 10.000-an. Edi Budi optimis target 20.000 peseta terpenuhi mengingat waktu pendaftaran cukup lama, yakni 1,5 bulan dengan hadiah yang cukup spektakuler.

ā€œSaya optimis target itu terpenuhi,ā€ ungkapnya.

Lomba Gerak Jalan Tajemtra 2024 ini melombakan 8 kategori, yaitu perorangan putra-putri, beregu pelajar putra-putri, beregu umum putra-putri, yel-yel terbaik untuk beregu, dan kostum terbaik untuk beregu. Tajemtra tahun lalu, hanya melombakan 6 kategori.

Adapun syarat peserta juga ada perubahan, khususnya untuk usia. Tajemtra tahun lalu, usia minimal peserta adalah 16 tahun namun tahun ini 17 tahun. Persyaratan lain adalah sehat jasmani rohani yangĀ  dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter (puskesmas), surat pernyataan sehat, soft copy KTP dan KK.

Kendati menempuh perjalanan cukup jauh, sekitar 30 kilometerr dari Alun-alun Tanggul menuju Alun-alun Jember, namun peserta Tajemtra tak perlu khawatir karena semua peserta sudah diasuransikan.

ā€œMudah-mudahan tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan tapi tetap kita asuransikan dengan harapan keamanan terjamin,ā€ pungkasnya (AAR/Bernas).

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button