SumateraSumatera Utara

Peringatan HLUN ke -28, Bobby Nasution Berharap LLI Kota Medan Dapat Pastikan Kesehatan dan Produktifitas Lansia Terpenuhi

BeritaNasional.ID, MEDAN SUMUT – Suasana bahagia dan penuh kebersamaan begitu terasa dalam Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke -28 tingkat Kota Medan yang digelar Pemko Medan melalui Dinas Sosial berkolaborasi dengan Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kota Medan di Gelanggang Mahasiswa UIN Sumut, Selasa (16/7/2024). Peringatan HLUN ini dihadiri sekitar ratusan warga khususnya warga yang Lanjut Usia (Lansia).

Kebahagiaan semakin bertambah dengan hadirnya Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam acara tersebut. Selain diisi dengan kegiatan Talk show, Peringatan HLUN ke-28 ini juga diisi dengan Pelantikan pengurus LLI Kecamatan se-Kota Kota Medan periode 2023-2028.

Dalam sambutannya Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas dilakukannya Pengukuhan pengurus LLI Kecamatan dalam peringatan HLUN ke -28 tingkat kota Medan. Tentunya LLI Kota Medan yang sudah ada tersebar di 21 Kecamatan ini kedepannya dapat hadir ditengah-tengah seluruh lansia yang ada di Kota Medan.

“Kami Pemko Medan berharap kehadiran LLI di Kecamatan dapat memastikan para Lansia kota Medan untuk memenuhi beberapa aspek diantaranya memastikan kesehatan dan produktifitas dari setiap Lansia”, jelas Bobby Nasution.

Dihadapan yang hadir diantaranya Ketua LLI Kota Medan Renward Parapat, Pengurus LLI Sumut, Ilyas, Unsur Forkopimda Dandim 0201/Medan Kol Inf Ferry Muzzawad, Penasehat LLI Arman Chandra, Menantu Presiden Joko Widodo pun meminta kepada Dinas Kesehatan untuk dapat membantu dan memfasilitasi pengurus LLI Kecamatan dengan memberikan akses mudah untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan.

“Saya minta Dinas Kesehatan jangan tutup mata dan cuek, pengurus LLI Kecamatan berikan akses yang mudah untuk berkoordinasi dengan Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan. Artinya kenalkan para pengurus LLI Kecamatan dengan Fasilitas Kesehatan, jika perlu buat kegiatan silaturahmi”, pinta Bobby Nasution.

Selain memastikan layanan kesehatan bagi Lansia, Bobby Nasution juga berharap LLI dapat berkoordinasi dengan Pemko Medan guna memastikan produktifitas pada lansia dengan melakukan berbagai aktifitas. Sebab diketahui bersama apabila lansia yang tidak berhenti beraktifitas justru dapat mengasah motorik dan daya ingat. Sedangkan jika berhenti beraktifitas justru dapat menurunkan kapasitas lansia.

“LLI Kecamatan dapat berkolaborasi dengan Dispora untuk membuat aktifitas yang agar Lansia lebih produktif. Bukan hanya melakukan olahraga senam namun olahraga yang mengasah motorik seperti catur agar produktifitas para lansia tetap terjaga”, Sebut Bobby Nasution.

Sementara itu Fahrizar Iskandar Harahap (73) salah satu Lansia yang hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan dimasa Kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution para lansia mendapatkan perhatian yang besar dari Pemko Medan. Dimana dirinya yang bernaung dalam lembaga lanjut usia khusus perempuan ini dapat menjalankan seluruh program berkat bantuan dan bimbingan Wali Kota Medan.

“Kami ini mitra Pemko Medan, Alhamdulillah program yang kami kerjakan dapat terlaksana dengan baik berkat perhatian pak Bobby Nasution kepada Lansia. Semoga kedepannya Lansia kota Medan dapat sehat dan lebih produktif”, jelasnya.

Sebelumnya Kadis Sosial, Khoiruddin Rangkuti menjelaskan Peringatan HLUN ke-28 ini bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar Lansia dan sarana menambah pengetahuan dan wawasan dalam rangka pencegahan penyakit pada lansia.

“Peringatan HLUN ke-28 yang diisi dengan Pelantikan pengurus LLI Kecamatan ini juga sebagai upaya mewujudkan Lansia Smart (Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif)”, jelasnya. (Kiel/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button