DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Peringatan HLUN, Wabup Situbondo Minta Lansia Pendapat Pelayanan Kesehatan Maksimal

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Dalam rangka peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo menggelar seminar Lansia yang berlangsung di Pendopo Graha Amukti Praja Kabupaten Situbondo. Seminar ini, dilaksanakan sebagai wujud apresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo terhadap keterlibatan Lansia dalam pembangunan kesehatan, Kamis (02/06/2022).

Wakil Bupati Situbondo, Nyai Hj Khoirani dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Lansia merupakan sebuah siklus hidup manusia yang akan dialami setiap orang. Oleh karena itu, seorang Lansia memungkinkan mengalami penurunan atau keterbatasan. Baik fisik, mental, sosial dan ekonomi. Sehingga, Lansia harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standard dan pemenuhan hak-haknya.

“Di Kabupaten Situbondo pada tahun 2021 jumlah total Lansia sebanyak 42,2 persen atau 109.994 jiwa dari jumlah penduduk. Dengan jumlah Lansia yang cukup besar ini, tentu membutuhkan perhatian dari semua pihak. Mulai dari lingkungan keluarga, pemerintah desa, pemerintah kecamatan, pemerintah kabupaten hingga menjadi urusan negara,” jelas Wabup Situbondo dalam sambutanya.

Tak hanya itu yang disampaikan, Wabup Situbondo. Akan tetapi, dia menjelaskan bahwa, kelompok lanjut usia menjadi salah satu kelompok yang sangat rentan dan beresiko tinggi. Sehingga, Lansia membutuhkan perhatian yang lebih. Oleh sebab itu, Lansia di Kabupaten Situbondo tetap memiliki semangat juang yang tinggi untuk mewujudkan Situbondo Berjaya.

“Berbagai upaya sudah dilakukan oleh Pemkab Situbondo untuk meningkatkan derajat Kesehatan Lansia. Antara lain, melakukan vaksinasi Covid-19 secara gratis, pengukuran TB, BB, lingkar perut, dan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan kebutuhannya,” pungkas Wabup Situbondo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Dwi Herman Susilo mengatakan, bahwa kegiatan seminar Lansia ini dalam rangka menyambut HLUN ke 26 Tahun 2022. Salah satunya, dengan melakukan kegiatan lomba penyuluhan kader Posyandu lansia.

“Dengan dilaksanakannya seminar ini, diharapkan semua pihak termasuk Lansia mampu berperan aktif di masyarakat dan kualitas hidup yang aktif, mandiri dan produktif. Kegiatan ini diikuti 20 peserta kader Lansia dari 17 kecamatan se-Kabupaten Situbondo,”pungkas Kepala Dinas Kesehatan.

Publisher                     : Heru Hartanto

Pewarta                       : As’ad Zuhaidi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button