Daerah

Petahana Berpengaruh Terhadap Tingkat Elektabilitas

BeritaNasional.ID, Malang – Achmad Khoesairi selaku Koordinator Badan Pekerja LSM Pro-Desa, mengatakan, status petahana dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) sangatlah berpengaruh terhadap tingkat elektabilitas dan popularitas.

Pernyataan tersebut disampaikan menanggapi posisi H.M.Sanusi .M.M.(Saat ini menjabat Bupati Malang) menempati urutan teratas berdasarkan hasil survei.

“Posisi Bupati Malang saat ini atau HM Sanusi jelas tertinggi, beliau adalah incumbent/petahana, apalagi saat dilakukan survei saat itu masih belum ada rival, dan sendirian,” kata Achmad Khoesairi, Senin, 24 Pebruari 2020.

Menurutnya Sanusi yang kini menjabat Bupati Malang jelas diuntungkan dengan posisinya saat ini.

Pusat Demokrasi dan Hak Azasi Manusia (Pusde HAM) Universitas Airlangga Surabaya sebelumnya telah melakukan survei terhadap bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) di Kabupaten Malang, Jawa Timur selama 10 hari yakni 6 – 16 Desember 2019.

Posisi HM Sanusi dengan prosentase 92,6 persen, lalu disusul nama Krisdayanti yang mendapatkan 91,9 persen, Geng Wahyudi 70, persen Heri Cahyono yang maju melalui jalur independen, hanya 4,7 persen.

Dengan hasil survei tersebut, HM Sanusi memiliki prosentase lebih tinggi dari 33 figur yang dimasukan survei.

Sanusi yang kini masih menjabat sebagai bupati Malang ini yang telah diketahui berpasangan dengan ketua DPRD Malang, Didik Gatot Subroto pun memastikan diri juga sudah mendapat rekomendasi dari PDI Perjuangan.(Hamzah).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button