ACEHAceh TamiangEkonomiWisata

Peusijuek Wisata, Meurah : Objek Wisata Kaloy Komplit dan Menjanjikan

BeritaNasional.ID, ACEH TAMIANG –Objek wisata pemandian air panas jati kasih Kaloy dinilai cukup komplit dan sangat menjanjikan untuk bagian dari promosi wisata Aceh Tamiang

Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Aceh Tamiang, Meurah Budiman saat melakukan ‘Peusijuek’ Objek Wisata Pemandian Air Panas Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu, Minggu (4/6/2023).

” Hari ini secara resmi objek wisata ini kita buka, seluruh pihak harus mendukung pengembangan objek wisata ini karena merupakan langkah maju untuk membuka lapangan kerja dan terjadi perputaran ekonomi. Ini harus kita dukung,” urai Meurah Budiman yang mengisyaratkan kepada sejumlah pejabat SKPK yang hadir.

Sebelum melihat langsung sumber air panas ini, Meurah bersama sejumlah pejabat SKPK dan anggota DPRK Aceh Tamiang terlebih dahulu meninjau objek wisata pemandian alam Kaloy.

Diketahui setibanya dilokasi Meurah Budiman terlebih dahulu meninjau objek wisata pemandian alam Kaloy dengan mengenderai Roda Dua (Trail), membonceng Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon untuk melihat bagian hulu. Kemudian mereka bersama tim turun menggunakan perahu karet.

“Saya sudah melihat langsung, mulai dari berjalan kaki, naik trail, naik perahu, sampai langsung masuk ke air. Cukup bagus dan cukup komplit, dari air dingin hingga air panas alami,” sebut Meurah Budiman.

Untuk itu Meurah Budimanmengapresiasi Datok Penghulu Kampung Kaloy, Andi Syahputra karena telah berhasil merintis mengembangkan pontensi alam serta langkah maju untuk membuka lapangan kerja.

“Objek wisata ini telah membuka lapangan kerja dengan kondisi masih sangat sederhana telah menciptakan kios UMKM dan itu artinya ada perputaran ekonomi terjadi di objek wisata ini. Dinas Koperasi dan Dinas Pariwisata bisa berperan lebih di sini, bagaimana caranya menyandingkan pedagang dengan objek wisata ini,” pinta Meurah Budiman.

Pada kesempatan tersebut Meurah Budiman sampaikan saat ini telah melakukan upaya untuk menjemput anggaran Dana Bagi Hasil (DBH) yang akan dialokasikan membangun infrastruktur ke seluruh objek wisata di Aceh Tamiang.

“Dari 12 kecamatan, ada 73 titik destinasi. Ke depan DBH ini bisa untuk perbaiki infrastruktur jalan untuk mempermudah wisatawan datang,” harapnya.

Sementara itu Datok Penghulu Kampung Kaloy, Andi Syahputra mennjelaskan konsep pembangunan wisata alam Kaloy ini dilandasi konsep ekonomi kreatif yang berkelanjutan dengan harapan pemerintah daerah ataupun investor membantu pengembangan wisata agar mencapai titik maksimal dan menjadi kebanggaan Aceh Tamiang.

“Harapan kami tentunya setelah ini maju dan berkembang, perekonomian masyarakat bisa meningkat dan menjadi kebanggaan Aceh Tamiang kedepannya,” ulas Andi.

Peusijuek’ Objek Wisata Pemandian Air Panas Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu melibatkan Kepala SKPK, beberapa anggota DPRK Aceh Tamiang, di antaranya Fadlon, Irwan Effendi, Erawati, Tri Astuti serta Ngatiyem, Satgas SAR Aceh Tamiang, sejumlah unsur LSM serta tokoh masyarakat juga turut hadir dan turut hadir juga anggota DPRA Nova Zahara ()

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button