AdvedtorialPolitik

Pilkada Gorontalo: Rustam Akili Tak Lolos Tes Kesehatan, Tonny Uloli Harus Ganti Pasangan

BeritaNasional.ID, GORONTALO — Langkah politik Tonny Uloli sebagai Bakal Calon Gubernur Gorontalo pada Pilkada 2024 sepertinya tak berjalan mulus. Pasalnya, Rustam Akili yang merupakan Bakal Calon Wakil Gubernur berpasangan dengan Tonny Uloli harus menelan pil pahit karena dinyatakan tidak mampu melaksanakan tugas selama 5 tahun jika terpilih nanti berdasarkan hasil pemeriksaan tim dokter yang ditunjuk oleh KPU.

Tidak lolosnya Rustam Akili dalam tes kesehatan tersebut diungkapkan oleh Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola saat diwawancarai awak media usai penyampaian hasil verifikasi administrasi Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo pada Pilkada 2024, Kamis (5/9/2024).

“Hasil rikes (pemeriksaan kesehatan,red) itu pak Rustam Akili dinyatakan tidak mampu melaksanakan tugas (jika terpilih nanti),” ungkap Sopyan.

Karena itu kata Sopyan, pihaknya akan segera memberitahukan ke partai pengusung agar segera mengganti calon yang tidak lolos tersebut.

“Tiga hari kedepan mereka harus memasukan nama baru,” katanya.

Sebelumnya, Tonny Uloli dan Rustam Akili telah mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur periode 2024-2029 di KPU Provinsi Gorontalo pada Rabu (28/8/2024).

Meski kondisi kesehatannya kurang mendukung, Rustam Akili tetap hadir di KPU Provinsi Gorontalo, mengingat keharusan untuk hadir bersama Bakal Calon Gubernur dalam pendaftaran. Namun saat proses pendaftaran berlangsung, Rustam Akili tampak menunduk dan terlihat menahan sakit.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button