Kalimantan

Pilkades Serentak di Kabupaten Sintang,  BNNK Sintang Gelar Tes Urine Para Bakal Calon Kepala Desa

BeritaNasional.ID, Sintang, Kalimantan Barat – Dalam rangka memutus mata rantai penyalah gunaan narkotika, BNNK sintang siap melayani tes urine kepada bakal calon kepala desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa serentak yang akan digelar 7 april 2021 mendatang.

Saat ditanya awak media tentang kesiapan BNNK Sintang dalam melayani tes urine para bakal calon kepala desa, Agus Ahmadin kepala BNNK Sintang yang ditemui di ruang kerjanya pada (14/01/2021) menuturkan :
“Dalam rangka pemilihan kepala desa serentak, kita sudah melaporkan ke BNNP kalimantan barat bahwa kita keterbatasan target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berupa alat tes urin, bila kita liat kondisi desa yang akan ikut pilkades kurang lebih 300 desa, kita memerlukan kurang lebih 1000 alat tes urine” ungkapnya.

Meski terdapat keterbatasan alat tes urine BNNK Sintang berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan khusus kepada bakal calon kepala desa yang memerlukan Surat Keterangan Hasil Akhir Pemeriksaan Narkotika.

Surat Keterangan Akhir Pemeriksaan menurut agus ahmadin memiliki 2 kepentingan “yang pertama digunakan oleh orang perorang untuk mengetahui dirinya terindikasi atau tidak dan itu menjadi kewenangan seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), kalau untuk keperluan penegakan hukum dan persyaratan pilkades yang melakukan pemeriksaan menjadi kewenangan seksi Rehabilitasi. Nah untuk diketahui BNNK Sintang telah memiliki klinik pratama dan sudah ada dokternya, perawatnya yang memang punya kewenangan untuk melakukan pemeriksaan narkotika ini” ungkapnya

Saat ditanya tentang berapa banyak calon kades yang telah dilakukan pemeriksaan agus ahmadin menyampaikan “sampai hari ini sudah ada sekitar 40 orang lebih yang melakukan pemeriksaan” agus menambahkan “persyaratan untuk dilakukan pemeriksaan cukup membawa ktp dan kartu keluarga” tambahnya.

Lebih lanjut agus mengungkapkan “apabila terdapat calon kades tidak melampirkan Surat Keterangan Pemeriksaan Akhir Narkotika, dan apabila panitia pemilihan ingin mendapatkan data hasil pemeriksaan silahkan bersurat ke kita, kita akan berikan salinannya”. Tutupnya. (kader s)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close