AdvedtorialPemkab Wajo

Pj Bupati Wajo Didaulat Jadi Narasumber Healthy Cities Summit di Sukabumi

BeritaNasional.ID, Sukabumi – Healthy Cities Summit ke 6 tahun 2024 yang diselenggarakan di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi secara resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Ir. Restuardy Daud, pada Senin (29/07/2024).

Kegiatan Healthy Cities Summit (HCS) Ke-6 Tahun 2024 akan dipusatkan di Grand Samudra Beach Hotel Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat, pada tanggal 28 s.d 30 Juli 2024. Selama 3 (tiga) hari tersebut, peserta HCS akan mengikuti berbagai event kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia.

Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri RI Ir. Restuardy Daud mengatakan Kabupaten Sukabumi merupakan satu diantara Kabupaten yang menyelenggarakan Healthy Cities Summit ke 6 tingkat nasional, dimana sebelumnya penyelenggaraan HCS ini dilaksanakan di Pemerintahan Kota.

“Ini merupakan Kabupaten pertama yang melaksanakan penyelenggaraan HCS. HCS pertama sampai ke lima diselenggarakan di Pemerintahan Kota,” jelasnya.

Dirjen menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten Sukabumi yang telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan HCS 2024. hal tersebut tersebut berkat keseriusan Pemerintah Kabupaten Sukabumi terhadap kesehatan.

“Bahkan Kabupaten Sukabumi secara berturut-turut mendapatkan penghargaan swasti saba wistara dari Kementerian Kesehatan, ini prestasi yang luar biasa. Dengan prestasi tersebut Kabupaten Sukabumi terpilih menjadi tuan rumah HCS,” terangnya.

Dirjen pun mengajak kepada seluruh peserta HCS 2024 agar selalu menegakkan komitmen mewujudkan Kabupaten/Kota sehat dalam menyongsong Indonesia Emas dimasa depan.

“Kami yakin masing-masing daerah ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesehatan menuju Indonesia Emas 2045,” singkatnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menjelaskan, perhelatan healthy cities summit Kabupaten Sukabumi 2024 merupakan representasi semangat pemerintah daerah untuk mewujudkan kabupaten/kota sehat secara berkelanjutan.

Melalui healthy cities summit ini Bupati berkomitmen akan menjadikan daerahnya sebagai Kabupaten yang memiliki lingkungan aman, nyaman, bersih dan sehat.

Ia berharap pertemuan Kabupaten/Kota se Indonesia yang dipusatkan di Kabupaten Sukabumi ini bisa meningkatkan sinergitas program pembangunan di bidang kesehatan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat semakin lebih baik.

“Mari kita jadikan pertemuan ini sebagai ajang untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inspirasi demi masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi selaku ketua tim pembina Forum Silaturahmi Kabupaten Sukabumi Sehat (FSKSS) H Ade Suryaman menambahkan, peserta healthy cities summit ke 6 tahun 2024 diikuti sebanyak 65 Kabupaten/Kota, terdiri dari 16 unsur kepala daerah, 16 perwakilan Provinsi, dan perwakilan pejabat tinggi Kementerian.

Sementara Pj.Bupati Wajo yang di daulat sebagai narasumber pada kegiatan Healthy Cities Summit ke-6 kalinya yg diselenggarakan tiap 2 (dua) tahun.

Sementara itu penunjukan Penjabat (Pj) Bupati Wajo Andi Bataralifu sebagai Narasumber Pertemuan Forum Kabupaten/Kota Sehat tingkat nasional tersebut, tentunya tidak terlepas dari berbagai raihan Kabupaten Wajo dalam pengelolaan KKS (Kabupaten Kota Sehat) yang bersih, sehat, aman, dan nyaman. Seperti Penghargaan Swasti Saba Wistara yang ke 5 kalinya diraih Wajo, merupakan predikat atau kategori tertinggi yang diberikan pemerintah pusat kepada kabupaten/kota yang telah berhasil mencapai predikat  dengan memenuhi indikator tatanan yang ditetapkan.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pencanangan sejuta pohon jenis pohon endemik lokal Sukabumi secara simbolis di sekitar kawasan Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu Palabuhanratu oleh Bupati Sukabumi beserta pejabat tinggi Kementerian. (AIM/ADV/BN)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button