AdvedtorialGorontalo

Pj Gubernur Gorontalo Tinjau Warga Terdampak Banjir di Kecamatan Tilango

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Penjabat (Pj) Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin kembali mengunjungi warga yang terdampak banjir di sebagian wilayah Provinsi Gorontalo, Sabtu, (13/7/2024). Kunjungan Rudy kali ini melihat dari dekat warga Desa Tilote dan Desa Tabumela di Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo, yang memang menjadi titik lokasi banjir paling parah dari beberapa wilayah lainnya.

Banjir yang melanda Kecamatan Tilango dari lima desa lainnya ini diakibatkan dari luapan air Danau Limboto, Sungai Tapudo dan Bulango. Air yang meluap itu mencapai 3 hingga 4 meter atau nyaris sejajar dengan atap rumah warga.

Pj Gubernur Gorontalo Rudy Salahuddin memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Tilango (foto: berita.gorontaloprov.go.id)

Untuk mencapai lokasi hingga ke Desa Tabumela, Penjagub Rudy yang didampingi Sekdaprov Sofian Ibrahim harus menggunakan perahu warga sekitar. Kedatangan Rudy yang juga dibantu BPBD Provinsi dan Kabupaten Gorontalo itu tidak dengan tangan kosong. Bantuan berupa mie instan cup, air mineral, susu kaleng, biskuit, kebutuhan bayi berupa popok, serta obat obatan turut diserahkan secara simbolis.

“Sabar yah bapak ibu atas musibah banjir yang ada saat ini. Semoga airnya cepat surut, sehingga bisa beraktifitas normal kembali. Bantuan ini juga diterima dulu, masih ada bantuan lainnya nanti menyusul,” kata Rudy disela-sela penyerahan bantuan.

Dalam peninjauan itu Rudy juga turut mendengarkan keluhan warga. Diantaranya terkait perbaikan tanggul yang ada di Danau Limboto. Selanjutnya pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk segera memperbaiki tanggul tersebut, sehingga menghindari kerusakan dan banjir-banjir kedepan.

“Kita harus segera memperbaiki tanggul ini. Kita juga akan kembalikan fungsi-fungsi pertanian, dan juga harus kita dorong lagi perbaikan-perbaikan daripada saluran-saluran irigasi dan saluran yang khusus dilewati oleh air sungai ini. Sehingga nantinya secara lancar air bisa bermuara ke laut,” tuturnya.

Selain meninjau banjir, Rudy juga meninjau lokasi pengungsian banjir bagi warga di sekitar Kota Gorontalo yang ditempatkan di Kantor Wali Kota Gorontalo. Ketersediaan makanan dan obat – obatan menjadi paling utama yang ditinjau.

Selanjutnya kunjungan Rudy berakhir di posko bantuan yang dikelola oleh para relawan NU Provinsi Gorontalo. Bantuan bantuan makanan siap saji maupun sembako tersebut terus berdatangan dan selanjutnya akan disalurkan kepada para korban banjir.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button