Kalimantan BaratMenuju Pemilu 2024

Polres Sekadau gelar Simulasi Sispam Mako, Kecepatan dan Kesigapan Menjadi Fokus Utama

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Kepolisian Resor Sekadau menggelar simulasi sistem pengamanan markas komando (Sispam Mako) yang melibatkan seluruh anggota Polres Sekadau, Kamis (12/10/2023) sore.

Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, mengungkapkan bahwa meskipun ini adalah simulasi, namun perlu dilakukan dengan serius. Dalam simulasi ini, Polres Sekadau telah membagi wilayah markas menjadi lima lokasi check point yang wajib ditempati oleh seluruh anggota ketika alarm berbunyi.

“Lokasi checkpoint tersebut meliputi gerbang pintu masuk Polres Sekadau, pintu gerbang keluar, pagar depan, pagar kiri (Rumdin Kapolres), dan asrama Polisi (Aspol) di dalam lingkungan Polres,” ujar Kapolres.

Sambung Kapolres, selama simulasi berlangsung, terdapat peleton Dalmas, tim tindak, tim penggalang, tim identifikasi, dan tim kesehatan yang bertugas. Di depan Mako Polres Sekadau juga dilakukan pengamanan lalu lintas. Ruang tahanan dan gudang logistik penyimpanan senjata juga mendapatkan pengamanan ketat.

“Sispam Mako dimulai dengan alarm sterling yang diaktifkan oleh anggota Propam. Setelah alarm berbunyi, seluruh anggota segera bergerak cepat untuk menempati lokasi checkpoint yang telah ditentukan,” jelas Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan bahwa simulasi Sispam Mako ini merupakan persiapan Polres Sekadau dalam menjalankan Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024, terutama dalam menghadapi tahapan Pilkada serentak 2024.

“Simulasi ini memberikan gambaran situasi yang mungkin terjadi saat para demonstran menyampaikan aspirasi, serta menjaga kesiapan dalam menghadapi situasi mendesak, keributan, dan potensi penyerangan terhadap Mako Polres Sekadau,” tambahnya.

“Diharapkan dengan adanya simulasi ini, anggota Polres Sekadau semakin terlatih dan siap menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi, sehingga keamanan Mako Polres Sekadau tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button