Situbondo

Polri dan TNI di Situbondo Berhasil Mediasi Isu Santet

BeritaNasional.id-Situbondo Jawa Timur, Polres Situbondo melalui Polsek Banyuputih bersama anggota Koramil Banyuputih dan perangkat desa, berhasil memediasi Muhdar (40) dan Suham (60) warga Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo nyaris berkelahi di rumah Syarif Hidayatullah, gara-gara di tuduh memiliki ilmu santet, Senin (13/3/2023).

Mediasi yang berlangsung dikediaman Syarif Hidayatullah Ketua RT Kampung Leduk Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih yang menghadirkan Kasi Pemdes, DPD Sumberejo, Bhabinkamtibmas Bripka Danial Mulya, Babinsa Sertu H. ALif, dan Kadus Leduk. Peristiwa tersebut terjadi di picu oleh Muhdar yang menuduh Suham memiliki ilmu santet.

“Langkah mediasi dilakukan untuk meredam isu santet agar tidak terjadi tindakan penghakiman oleh masyarakat yang diakibatkan isu tidak benar tersebut. Dalam mediasi itu dihadirkan dua warga yang berselisih dan juga para tokoh masyarakat termasuk TNI Polri,” jelas Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, melalui Kasi Humas Iptu Achmad Soetrisno.

Lebih lanjut, Iptu Achmad Soetrisno mengatakan, bahwa kasus ini terjadi karena ada tuduhan salah sesorang warga terhadap warga lainnya yang masih satu kampung memiliki ilmu santet. Akibat tuduhan santet tersebut nyaris terjadi perkelahian namun berhasil diredam oleh Ketua RT setempat kemudian dilakukan mediasi yang dihadiri Pemdes, Tomas, Toga dan juga TNI Polri di wilayah Kecamatan Banyuputih.

“Alhamdulillah dengan respon cepat dan sinergi 3 Pilar Kamtibmas, kedua belah pihak sudah ada kesepakatan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara kekeluargaan. Warga yang membuat tuduhan ilmu santet sudah meminta maaf dan berjanji kedepannya akan berhati-hati dalam berkomentar,” jelas Iptu Achmad Soetrisno.

Iptu Achmad Soetrisno mengatakan, TNI Polri bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat di kecamatan Banyuputih akan terus berperan aktif untuk memberikan edukasi kepada warga agar permasalahan isu santet tidak membesar lagi.

“Kami bersama tiga pilar secara rutin akan memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat apabila ada permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan secara bersama-sama dengan musyawarah agar tidak muncul spekulasi atau infromasi yang tidak benar sehingga menimbulkan keresahan warga,” pungkas Iptu Soetrisno.

Pewarta           :As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button