Lumajang

Protes Jalan Rusak Parah, Warga Condro Tanam Pohon Pisang di Jalan

BeritaNasional.ID, LUMAJANG JATIM – Bentuk protes kepada pemerintah daerah atas kerusakan jalan, ratusan warga Dusun Gentengan, Desa Condro, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang lakukan aksi turun jalan, Rabu (10/7/24).

Sebelum melakukan aksi demonstrasi, warga memblokade jalan dan menanami pohon pisang sepanjang jalan desa di Dusun Gentengan hingga perbatasan Desa Bagu, sehingga kendaraan roda empat yang melintas terpaksa putar haluan terutama truk pasir yang biasa melintas.

Sujumun selaku koordinator aksi mengatakan, aksi ini buntut dari kekesalan warga terhadap Kepala Desa Condro, yang dinilai membiarkan jalan rusak dan menebarkan polusi.

“Dulu kita dilibatkan hanya beberapa bulan saja untuk penarikan portal pasir. Hasil dari penarikan itu, kita kumpulkan untuk biaya perbaikan jalan,” kata Sujumun.

Disisi lain, masyarakat juga menuntut pengembalian aset jalan desa dengan SK bupati agar menjadi jalan kabupaten.

“Kami juga menuntut adanya transparansi dan audit secara menyeluruh dana pembangunan jalan Dusun Gentengan yang diperoleh dari hasil pungutan portal pasir. Disamping itu, kami juga menuntut agar jalan angkutan pasir ditutup,” Lanjut sujumun

Sementara Supirno Kepala Desa Condro saat di konfirmasi menyampaikan, per tanggal 5 Januari 2024, pihaknya sudah melayangkan surat, bahwa jalan yang awalnya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten, yang mana saat ini menjadi jalan desa.

“Kami juga siap menyerahkan aset jalan Dusun Gentengan ini kepada Pemkab (Lumajang), kami juga siap dilakukan audit”. tegasnya

Kades menambahkan pihaknya beserta warga akan melakukan rapat dengan dinas terkait.

“Besok (kamis) kita juga akan melakukan rapat dengan PU lumajang dan perwakilan warga disini,” ujarnya (Rochim/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button