SUMUTTanjung balai

Raksa Hum Gelar Aksi ke Wilmar Untuk Lahirkan Komitmen Internasional Jelang G20

BeritaNasional.ID-MEDAN SUMUT Aksi Hari ini sebagai bentuk Keprihatinan Nasional dari kawan-kawan pergerakan atas Krisis Minyak Goreng Dinegeri Kaya Sawit dan Raja CPO Dunia,

Aksi ini murni, kawan-kawan dari pergerakan melebur yang menamakan dirinya RAKYAT UNTUK KEADILAN SUPERMASI HUKUM (RAKSA HUM) yang terdiri dari Organisasi Dewan Revolusi Agraria, LKLH Sumut, Resbon, Sri Kandi Sahabat Rakyat, GMASI, Pekasawitnas,

Dan Pemberitahuan sudah mereka sampaikan pada Kapolrestabes Medan Cq Kasat Intelkam pada hari Jumat, tgl 21 April 2022 yang lalu.

Pada hari Selasa 26 April 2022 tepatny, hari ini RAKSA HUM menggelar aksi mulai pukul 09.00 Wib di depan kantor PT. Wilmar Nabati Indonesia / Wilmar Group, Jl. Putri Hijau Medan dan depan Kejaksaan Tinggi Jl. AH Nasution.

Aksi unjukrasa ini aksi moral sebagai presure untuk mendesak kebijakan baru Wilmar berkomitmen pada dunia internasional dan khususnya masyarakat Indonesia dalam menjaga kebutuhan pangan masyarakat lokal tentang minyak goreng Ungkap Indra Mingka Pada Wartawan Selasa 26/4/22 via Whatshap.

Mengutip berita Sindonews Judul Wilmar Group Kuasai Perkebunan Kelapa Sawit Dunia, 65 Persen Ada di Indonesia, https://ekbis.sindonews.com/read/751391/34/wilmar-group-kuasai-perkebunan-kelapa-sawit-dunia-65-persen-ada-di-indonesia-1650636293.

bahwa Wilmar Group memiliki perkebunan kelapa sawit Wilmar tersebar di beberapa negara di dunia. Sekitar 65% kebun sawit Wilmar berada di Indonesia, 26% di Malaysia Timur dan 9% berada di Afrika.

Selain itu, PT Wilmar Nabati Indonesia adalah anak perusahaan Wilmar Group yang dikenal sebagai salah satu perusahan raksasa dunia pada sektor perkebunan kelapa sawit. Pemilik Wilmar merupakan salah seorang konglomerat Indonesia, Martua Sitorus.

Bersama dengan Kuok Khoon Hong, Martua Sitorus mendirikan Wilmar pada tahun 1991. Sebagaimana dikutip dari laman resmi perusahaan, Wilmar Grup awalnya hanya memiliki perkebunan kelapa sawit seluas 7.000 hektare di bawah PT Agra Masang Perkasa (AMP).

Seiring berjalannya waktu, perusahaan yang bermarkas di Singapura ini terus mengalami perkembangan. Bahkan saat ini Wilmar merupakan salah satu pemilik perkebunan kelapa sawit terluas di dunia dengan total luas tanam mencapai 232.053 hektare per 31 Desember 2020.

Data RSPO, Wilmar tercatat memproduksi 1,31 juta ton CPO di Indonesia pada 2020, dikutip dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/20/tiga-perusahaan-terlibat-korupsi-minyak-sawit-berapa-produksinya.

Alasan inilah RAKSA HUM hari ini melaksanakan Aksi lebih awal ke Wilmar sebab perusahaan ini terbesar Ekspor CPO Dunia,

Disisi lain bahwa Indonesia sebagai negara G20 menempati posisi Predensial dan tuan rumah G20 yang akan digelar di Bali pada 15/16 November 2022.

Ironis memang negara ini sebagai Predensial G20 terjadi krisis pangan minyak goreng dan Indonesia sebagai produsen CPO dan Minyak Goreng terbesar dunia,

RAKSA HUM Minta Komitmen Baru Wilmar untuk menjamin pasokan minyak goreng kebutuhan lokal lebih terjamin buat rakyat indonesia, Unkap Indra Mingka bersama dengan Johan Merdeka,Zulkifli yang tergabung dalam Rakyat Untuk Keadian Sipremasi Hukum.(As18)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button