Hukum & Kriminal

RS 18 Miliar di TTU bagaikan Kandang Sapi, Gabriel Manek Bungkam

BeritaNasional.ID-Kefamenanu NTT,- Persoalan Kepemilikan Lahan Bangunan Rumah Sakit Modern TTU yang terletak di KM 5, Kelurahan Tubuhue, Kecamatan Kota, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) kini memasuki babak baru. Mantan Bupati TTU, Gabriel Manek dan Istrinya Dewi Manek yang digadang-gadang sebagai Pemilik dari lahan tersebut enggan berkomentar merespon publik terkait masalah bangunan RS Modern TTU yang sudah dibangun sejak 12 Tahun lalu namun tanpa fungsi.

Ketika Dikonfirmasi Timor Wartawan, Jumat (19/11) lalu, Mantan Bupati TTU, Gabriel Manek memilih Bungkam dan tidak mau memberikan komentar terkait persoalan kepemilikan lahan Bangunan RS Modern TTU tersebut.

Padahal, Bangunan senilai Rp 18 Miliyar tersebut merupakan salah satu program pembangunan di era Kepemimpinannya sebagai Bupati TTU. ” Saya tidak berkomentar tentang persoalan tersebut,” Singkatnya.

Sebelumnya, Bupati TTU, Juandi David ketika dikonfirmasi Wartawan, Rabu (17/11) terkait kepemilikan lahan yang digunakan untuk Pembangunan Gedung Rumah Sakit Modern di Km 5 Jurusan Atambua tersebut apakah milik perorangan atau milik Pemerintah Daerah? Dikatakan, Lahan yang digunakan untuk Pembangunan Aste Pemerintah Daerah senilai Rp. 18 Miliyar tersebut milik Pemerintah Daerah dan bukan milik perorangan.

Mengenai status kepemilikan Tanah Bangunan RS Modern TTU yang berlokasi di Km 5 jurusan Atambua adalah milik Pemda,” Singkatnya. Dari hasil penelusuran Wartawan, diketahui bahwa pelaksanaan bangunan gedung itu tidak dilanjutkan karena diduga terindikasi masalah. Misalnya pembebasan lahan yang diklaim antarwarga, transaksi jual beli lokasi tanah pemerintah dan pemilik lahan.

Bahkan tudingan lain bangunan gedung tidak sesuai aspek teknis karena tidak dilakukan studi analisis dampak lingkungan (Amdal). Termasuk kajian psikologis lantaran gedung RS Modern tersebut dibangun jauh dari pemukiman penduduk dan jaraknya dekat tempat pemakaman umum (TPU) Bijaesunan. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button