DaerahJawa TimurRagamSitubondoSosial

RSUD Besuki Situbondo Laksanakan Operasi Mata Katarak Gratis Jilid ke Dua

SITUBONDO JAWA TIMUR – BeritaNasional.id – Rumah Sakit Umum Daerah Besuki Kabupaten Situbondo melaksanakan bakti sosial operasi mata katarak gratis jilid dua. Operasi mata katarak gratis ini, merupakan lanjutan dari operasi mata katarak yang dilaksanakan RSUD Besuki yang diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 18 Juni 2022, Sabtu (23/7/2022).

Operasi mata katarak gratis ini terlaksana berkat kerjasama dengan Klinik Mata Tritya Surabaya, Bank Jatim Situbondo, Pomi, Paiton Energy dan di dukung penuh oleh Bupati Situbondo Drs H Karna Suswandi dan pihak pihak terkait lainnya yang sudah membantu kegiatan bakti sosial operasi mata katarak gratis yang diselenggarakan RSUD Besuki.

Keterangan yang disampaikan Direktur RSUD Besuki, dr H Imam Hariyono menjelaskan, sebanyak 68 pasien mata katarak hadir untuk menjalani operasi gratis jilid dua di RSUD Besuki. Namun dari jumlah tersebut yang bisa menjalani operasi hanya 55 pasien.

“Dari 68 pasien yang hadir hanya 55 pasien yang dilakukan operasi. Sebanyak 2 pasien tidak layak operasi karena infeksi pada mata. Sebanyak 11 pasien tidak bisa diambil tindakan operasi karena sakit diabet, darah tinggi yang tidak terkendali, pterigium (tumbuh daging dikornea mata, red) dan lain sebagainya,” terang dr Imam Hariyono.

Lebih lanjut, Imam Hariyono mengatakan, operasi mata katarak gratis program Gebrak Bersinar ini, didukung oleh sejumlah tenaga medis atau dokter spesialis mata dari Klinik Mata Tritya Surabaya dan dibantu oleh perawat di RSUD Besuki, Dinas Kesehatan serta puskesmas sekitar.

“Operasi mata katarak gratis ini juga ditunjang dengah alat-alat kedokteran yang serba canggih. Dalam operasi ini pasien di bagi tiga golongan A, B dan C. Pasien tipe A ini, pasien katarak dengan komplikasi keluhan minimal. Pasien tipe B dengan keluhan minimal dan pasien tipe C dengan keluhan kompleks komplikasi,” tutur Direktur RSUD Besuki.

Tak hanya itu yang disampaikan mantan dokter umum di Rumah Sakit Abdoer Rahem Situbondo ini, namun dia juga menerangkan bahwa selama operasi berlangsung tidak ditemui kendala terhadap pasien. Semuanya berlangsung aman dan lancar. “InsyaAllah pelaksanaan baksos operasi mata katarak jilid ke tiga akan dilaksanakan kembali di RSUD Besuki pada tanggal 20 Agustus 2022,” pungkasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button