Jawa TimurProbolinggo

Rutan Kraksaan Laksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

BeritaNasional.ID, KRAKSAAN JATIM – Bangsa Indonesia memperingati 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari Minggu kemarin. Hari bersejarah ini berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September (G30S) PKI yang terjadi pada tahun 1965.

Peristiwa tersebut menjadi salah satu sejarah kelam bagi bangsa Indonesia. Pada peristiwa tersebut 6 jenderal dan 1 perwira militer terbunuh dan dimasukkan ke sumur Lubang Buaya.

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, Rutan Kelas IIB Kraksaan menggelar upacara peringatan dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Maju” pada Senin, 02/10/23.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Rutan Kraksaan (Alzuarman), Perwira Upacara Ka. KPR (Zainol Hasan), Komandan Upacara Komandan Regu Jaga IV (Zainul Hasan).

Pada Upacara kali ini Kepala Rutan Kraksaan selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Hukum dan HAM.

Dalam amanatnya Menkumham mengajak seluruh keluarga besar Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju serta mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

“Saya mengajak seluruh keluarga besar Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menjadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju serta mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia” ajak Menkumham.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada Rutan Kraksaan diikuti oleh Jajaran Pejabat Struktural, seluruh petugas dan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan yang berlangsung dengan khidmat.

***yul

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button