DaerahJawa TimurReligi

Safari Ramadhan, Bupati Wisuda Ratusan Hafidz/Hafidzah Murid KB, SD, dan SMP

Berita Nasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Bupati Drs. KH Salwa Arifin mewisuda ratusan penghafal Al Qur’an. Kegiatan itu dilakukan dalam kegiatan safari pendidikan ke sekolah-sekolah.
Pada hari pertama, Kyai Salwa, sapaannya memwisuda hampir ratusan pelajar dari TK, SD, hingga SMP.

Pada lawatan safari pendidikan hari ke dua, orang nomer satu di Bondowoso ini, memwisuda 48 pelajar SMP, dan sekitar 71 pelajar TK dan SD. Hari kedua, safari pendidikan di SD Negeri Curahpoh dan SMP Negeri 2 Bondowoso.

Jumlah siswa siswi yang akan diwisuda sebagai penghafal Al Quran ini diperkirakan masih akan bertambah. Mengingat kegiatan safari pendidikan akan terus dilakukan selama beberapa pekan ke depan.

Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso, Dr. Drs. Sugiono Eksantoso, MM mengatakan, lahirnya ratusan penghafal Al Quran ini sebagai realisasi dari pelaksanaan literasi mengaji Al Quran (Tajin Karak).

Setiap sekolah telah menerapkan kelas tahfidz dalam ektrakurikuler, yang pelaksanaannya rutin dilakukan setiap sebelum pelajaran dimulai.

“Setiap hari anak-anak ada program mengaji sebelum pembelajaran dimulai,” ujarnya usai safari pendidikan di SMP Negeri 2 Bondowoso yang ditempatkan di Graha NU, Kamis (30/3/2023).

Ia menyebutkan para tahfidz ini mendapatkan sertifikat yang nantinya bisa digunakan untuk mendaftar sekolah ke jenjang lebih tinggi. Bahkan, mereka yang memiliki sertifikat akan mendapatkan nilai lebih.

Dikonfirmasi tujuan kegiatan, Sugiono, sapaannya mengatakan, merealisasikan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati dan membentuk generasi yang berakhlaqul karimah. Sekaligus untuk perubahan karakter dan peningkatan iman serta taqwa.

Ditempat yang sama, Bupati mengapresiasi makin banyaknya generasi cinta Al Quran.

“Saya berharap, program literasi membaca Alquran ini, bisa merubah karakter murid-murid menjadi generasi muslim berakhlaqul Karimah,” harapnya

Pewarta : Zainul Muhaimin

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button