Jawa Timur

Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Bantaran Probolinggo hingga Timbulkan Bau Busuk, DLH: Pengangkutan Harus ada MoU

Beritanssional.id,-Probolinggo

Bau tak sedap tercium oleh pengguna jalan yang melintas di Jalan raya Bantaran, Desa Patokan, Kabupaten Probolinggo. Bau tersebut berasal dari tumpukan sampah di pinggir jalan.

Pantauan Beritanasional.id Selasa (19/7), sampah limbah rumah tangga ini berserakan hingga ke jalan di sekitarnya.

Menurut penuturan warga yang sering melintasi jalan tersebut, bau busuk sampah itu memang sudah cukup lama mengganggu pengguna jalan. Apalagi, jalan tersebut merupakan akses utama menuju ke Pasar Bantaran dan Sumber.

Saat ditemui, Camat Bantaran, Saniwar, menjelaskan pihaknya sudah mengimbau warga Bantaran agar tidak membuang sampah di lokasi tersebut.

“ Siang dibersihkan malam ada lagi sampahnya, itu faktanya, kepala desa dan kecamatan sudah berupaya membersihkan, malam datang lagi, siapa yang naruh di situ kita tidak tau, ini masyarakat perlu kesadaran,” ujar Saniwar merasa jengkel.

Lanjut Saniwar membeberkan, pihaknya bakal membuat permohonan untuk diletakan truk sampah di lokasi tersebut.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup, Iskandar, meminta warga Bantaran untuk membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan oleh Desa/RT/RW setempat.

Demikian Iskandar menjelaskan, bahwa DLH harus menjalin MoU dengan Pemerintah Desa .

Dihubungi terpisah, Kasi Pengangkutan Sampah DLH, Erawati Astutik, menjelaskan bahwa sesuai Perbup Nomor 80 Tahun 2017, setiap pelayanan ada tarif retribusinya.

“Maksudnya jika ingin dilayani harus ber-MoU dulu dengan DLH sesuai tarif retribusi, “ tuturnya

 

*** Onoy

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button