DaerahJawa TimurRagamSitubondoSosial

Sebanyak 40 Relawan Melaksanakan Donor Darah di RSUD Besuki Situbondo

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Untuk mencukupi persediaan serta banyaknya permintaan darah di PMI Kabupaten Situbondo, Rumah Sakit Umum Besuki, Kabupaten Situbondo melaksanakan donor darah masal, Kamis (27/1/2022).

Kegiatan sosial kemanusian donor darah masal yang diikuti pegawai rumah sakit Besuki dan masyarakat umum ini dilakukan untuk membantuk stok darah selalu tersedia di PMI Kabupaten Situbondo. “RSUD Besuki bekerjasama dengan PMI Situbondo melaksanakan donor darah,” jelas Direktur Rumah Sakit Besuki dr. H. Imam Hariyono.

Lebih lanjut, Imam Hariyono mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan sedikitnya ada 40 relawan dinyatakan layak untuk mendonorkan darahnya. “Pemerikasaan ini bertujuan, selain untuk memastikan kesehatan relawan juga agar darah yang akan di sumbangkan benar benar sehat dan bermnafaat untuk masyarakat,” terang mantan dokter Forensik di RSUD Abdoer Rahem Situbondo.

Tak hanya itu saja yang disampaikan dr Imam Hariyono, namun dia juga menjelaskan bahwa, kegiatan donor darah yang berlangsung di Rumah Sakit Besuki akan terus dilakukan. “Kegiatan sosial kemanusiaan donor darah ini, banyak manfaaat bagi pendonor dan bagi masyarakat yang membutuhkan darah. Makanya, kegiatan ini akan terus kita tindak lanjuti,” kata Imam, panggilan akrab dr Imam Hariyono.

Imam menjelaskan, dengan donor daraj, maka akan terbentuk sel darah merah baru yang akan membantu metabolisme tubuh, terutama fungsi jantung dan sebagai deteksi dini penyakit bagi para pendonor. “Sebelum diambil darah, para relawan akan diperiksa keadaan kesehatannya. Jika keadaannya sehat, maka para relawan akan diambil darahnya. Hal ini yang dimaksud deteksi dini kesehatan bagi para pendonor darah,” pungkasnya. (Heru)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button