DaerahJawa TimurKadesPolitik

Secara Politis SKAK Organisasi Profesi, Secara Pribadi Kades Mempunyai Hak Memilih Bacabup dan Bacawabup

Berita Nasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Pilbup di Bondowoso masih tahun depan. Tapi mesin sejumlah Parpol sudah mulai dipanasi.

Bahkan, outsider, sebutan mesin non Parpol, juga mulai ‘bermain-bermain’ walaupun masih malu-malu kucing. Padahal, Parpol-parpol belum mendeklarasikan Bacabup dan Bacawabupnya.

Disisi lain, Sentra Komunikasi Antar Kades (SKAK) melakukan silaturrahmi SKAK ke rumah Ketua DPRD H Ahmad Dhafir. Spekulasi politik pun mulai bermunculan.

Untuk itu, Berita Nasional.ID, mengkonfirmasi hal tersebut pada Ketua SKAK, Mathari yang juga sebagai Kades Bukor Kecamatan Wringin.

“SKAK merupakan organisasi profesional yang tidak ada sangkut pautnya dengan politik. Namun secara pribadi, masing-masing Kades mempunyai hak politik untuk memilih Bupati yang dinilai cocok dengan hati nuraninya,” kata Mathari secara politis, Selasa, 25/4 2023.

Kehadiran sejumlah Kades, lanjutnya, ke kediaman Ketua DPRD, disamping melakukan ‘halal bi halal’, juga sebagai bentuk terimakasih karena selama ini, kontribusi Ketua DPRD pada Kades sangat besar sekali.

Ditambahkan, jika H Ahmad Dhafir mencalonkan diri sebagai Bacabup, secara kelembagaan SKAK akan melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) terlebih dahulu. Namun secara pribadi, kehadiran teman-teman Kades ke kediaman Ketua DPRD itu jawabannya.

Kehadiran Kades ke rumah pribadi Ketua DPRD murni silaturahmi paska lebaran. Dan itu merupakan tradisi orang Bondowoso. Namun menjelang Pilbup, sangat mustahil jika para Kades ketemu tidak bisik-bisik tentang Pilbup. Secara formal, SKAK belum membahas tentang Pilbup.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button