AsahanDaerah

Sekdakab Asahan Buka Sosialisasi Program Gratieks 2024 Komoditas Pertanian

BeritaNasional.ID, Kisaran – Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution MSi membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) 2024 Komoditas Pertanian dalam rangka mensukseskan pembangunan pertanian pada wilayah layanan Karantina Tanjung Balai Asahan yang dilaksanakan di aula Hotel Marina Kisaran, Selasa (08/06/2021).

Kepala Kantor Karantina Pertanian Tanjung Balai – Asahan Edward Syam SP, MM dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian berkomitmen memfasilitasi serta mendorong akselerasi ekspor komoditas pertanian di Indonesia dengan berkoordinasi dan bekerjasama dengan Instansi terkait baik dari Pemerintah Daerah melalui dinas yang membidangi pertanian, perkebunan dan perdagangan serta instansi lain lingkungan Kementerian Pertanian.

Dikatakannya, salah satu program Kementrian Pertanian yang sedang dijalankan tahun ini adalah progam Gratieks (Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor) yaitu gerakan peningkatan ekspor pertanian yang digagas oleh Presiden RI dan ditindak lanjuti oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Gerakan ini diharapkan mampu meningkatkan ekspor komoditas pertanian melalui upaya penguatan aktivitas produksi maupun pasca produksi yang mendorong pengusaha dan pelaku usaha sektor pertanian untuk melipat gandakan produksi, serta mendorong eksportir melipat gandakan ekspor komoditas pertanian menjadi tiga kali lipat sampai 2024.

Gratieks merupakan langkah strategis program jangka panjang dalam meningkatkan sisi produksi hingga 7 persen / tahun, sekaligus merealisasikan arahan Presiden dan Mentan dalam mendorong roda ekonomi nasional, ujar Edward Syam SP, MM sembari menjelaskan Karantina Pertanian akan terus berupaya memberikan pelayanan prima dengan melakukan pemeriksaan produk dan penerbitan Sertifikat Kesehatan (Phyitosanitary Certificate).

Kemudian Kepala Kantor Karantina Pertanian Tanjung Balai – Asahan itu menambahkan berdasarkan data yang ada saat ini terdapat 5 produk eksport unggulan di wilayah Kabupaten Batubara, Kabupaten Asahan, Kota Tanjungbalai, dan Kabupaten Labuhan Batu Utara antara lain minyak sawit dan turunannya, kelapa parut, sapu lidi, buah pisang dan domba. Kelima komoditas ekspor tersebut mengalami kenaikan yang signifikan di tahun 2021 ini, dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution MSi yang mewakili Bupati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan menyambut baik edukasi yang diberikan kepada masyarakat pelaku usaha dan UMKM tentang gerakan tiga kali lipat ekspor.

Hal ini sangat bersinergi dengan visi misi dan program Bupati Asahan pada penjabaran poin 2, 3 dan 4 yakni, meningkatkan kerjasama intensif dengan pelaku usaha dan kelompok masyarakat, meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam membangun kemandirian ekonomi serta menciptakan iklim yang kondusif dan kemudahan investasi bagi pengembangan usaha dalam menciptakan lapangan kerja.

Menurut John Hardi sampai saat ini pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masih kesulitan untuk bisa menembus pasar global. Hal ini dikarenakan rumitnya perizinan hingga kualitas produk yang belum berdaya saing. Diharapkan para pemangku kepentingan duduk bersama memecahkan permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha dan UMKM untuk bisa menembus pasar global.(krm)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button