OpiniPolitik

Siapa Pendamping Merlan di Pilkada Bone Bolango ?

BeritaNasional.ID – DPP Partai NasDem telah menyerahkan Rekomendasi Calon Bupati kepada Merlan Uloli serta menugaskannya untuk mencari mitra koalisi dan Calon Wakil Bupati. Rekomendasi ini diyakini akan semakin memperkuat bargaining (posisi tawar) politik Merlan Uloli di Pilkada Bone Bolango 2024. Pasalnya, sebagai Bupati petahana, aura politik yang dimiliki kader Partai Nasdem itu seakan telah memesona para politisi dari partai politik lain di Bone Bolango. Buktinya, sejumlah pimpinan partai politik diketahui telah melakukan komunikasi politik dengan Sang Srikandi Bone Bolango itu.

Meski diyakini memiliki posisi tawar politik yang sangat kuat, Merlan tidak bisa jumawa. Apalagi menganggap akan memenangkan pertarungan politik melawan para calon Bupati lainnya di Pilkada Bone Bolango yang akan digelar pada 27 November 2024 nanti. Pasalnya, Pilkada kali ini diprediksi akan diikuti oleh sejumlah tokoh yang juga memiliki basis dukungan politik hingga ke akar rumput. Mulai dari mantan Bupati, mantan Sekda, hingga mantan Anggota DPRD. Ditambah lagi, tersebar isu bahwa selain memiliki dukungan politik hingga ke akar rumput, para tokoh ini juga memiliki tim pemenangan dan strategi penggalangan massa yang cukup kuat dan masif. Belum lagi ketika bicara soal kekuatan finansial. Masing – masing saling mengklaim telah mempersiapkan “ongkos politik” yang jumlahnya sangat fantastis.

Lalu, dengan realitas politik seperti ini, masihkah Merlan bisa mempertahankan posisi tawar politiknya ?

Penulis berpendapat, bahwa dengan elektabilitas yang saat ini dimiliki Merlan sebagai Bupati petahana, dipastikan akan menjadi modal awal bagi Merlan untuk meraih simpati pemilih. Namun, elektabilitas Merlan harus didukung oleh elektabilitas Calon Wakil Bupati. Sehingga, siapapun Calon Wakil Bupati yang dipilih Merlan untuk mendampinginya, harus memiliki gerbong politik yang berisi puluhan ribu massa real-nya agar tercipta sebuah kekuatan politik yang “maha dahsyat” untuk “menghancurkan” kekuatan lawan-lawan politiknya.

Namun, hingga saat ini, Merlan belum memastikan siapa yang bakal dipinangnya untuk menjadi pasangannya di Pilkada Bone Bolango nanti. Beredar kabar bahwa dari sejumlah nama yang disebut-sebut berpeluang bakal mendampingi Merlan pada kontestasi lima tahunan itu, terdapat dua nama yang merupakan putera Bone Pesisir yakni politisi Partai Gelora Syamsu Botutihe dan arsitek nasional Hendra Koniyo.

Lalu, siapa sosok yang tepat mendampingi Merlan Uloli pada Pilkada nanti? Saat dihubungi BeritaNasional.ID belum lama ini, Merlan Uloli mengatakan bahwa siapa yang akan menjadi pasangannya di Pilkada nanti masih akan ditentukan oleh hasil survey yang akan dilakukan pada bulan Juli nanti.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button